NEWS

Tansaksi Digital Indonesia Tembus US$70 miliar pada 2021

Transaksi digital Indonesia tumbuh 49% dibandingkan 2020.

Tansaksi Digital Indonesia Tembus US$70 miliar pada 2021Shutterstock/Treecha
by
11 November 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Nilai total transaksi digital berbasis internet di Indonesia atau gross merchandise value (GMV) diperkirakan US$70 miliar atau lebih dari Rp998 triliun pada 2021. Capaian tersebut meningkat 49 persen jika dibandingkan 2020.

“Ekonomi internet mencapai US$70 miliar, yang mengindikasikan prospek yang optimistis untuk negara berpopulasi besar ini,” tulis laporan e-Conomy SEA 2021 dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, yang dikutip Kamis (11/11).

Dalam laporan itu pun terungkap bahwa secara keseluruhan semua sektor perekonomian berbasis internet mengalami penguatan dengan pertumbuhan tahunan dua digit.

Peningkatan paling tinggi didukung oleh pertumbuhan nilai total transaksi sektor e-commerce sebesar 52 persen. Tahun ini, GMW e-commerce di Indonesia diprediksi mencapai US$53 miliar berbanding US$35 miliar pada 2020.

Kemudian, layanan transportasi dan pesan makanan secara daring juga tumbuh 36 persen ketimbang tahun lalu. Untuk GMV, sektor ini mencapai US$6,9 miliar.

Proyeksi nilai total transaksi digital berbasis internet secara keseluruhan pada 2025 diperkirakan US$146 miliar, dengan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan 20 persen.

Indonesia jadi tujuan investasi paling populer di Asean

Dengan kembali menguatnya transaksi digital pada semester pertama 2021, Indonesia menjadi tujuan investasi terpopuler di Asia Tenggara (melampaui Singapura) dengan rekor baru nilai transaksi dalam beberapa tahun terakhir.

Terlepas dari kondisi pasar tak menentu, modal asing terus mengalir ke pasar Indonesia mengingat kuatnya pertumbuhan pada sektor penyokong ekonomi, terutama di area layanan digital yang mengalami peningkatan penggunaan akibat COVID-19 seperti e-commerce, fintech, healthtech, dan edtech.

Banyaknya perusahaan teknologi yang akan melantai di pasar modal pun jadi daya tarik tersendiri untuk para investor.

Loyalitas konsumen digital di Indonesia

Menurut laporan ini, Indonesia memiliki 21 juta konsumen digital baru selama 2020 dan semester I-2021. Sebanyak 72 persen dari konsumen baru ini berasal dari area non-metropolitan, yang secara positif menunjukkan peningkatan penetrasi digital di pasar terbesar Indonesia.

Para konsumen digital baru ini diprediksi akan menetap, di mana 96 persen konsumen saat ini telah menggunakan layanan digital. Kemudian dari 99 persen konsumen berencana akan terus menggunakan layanan digital.

Related Topics