Comscore Tracker
NEWS

Terlihat Serupa, Ini Perbedaan Kondominium dan Apartemen

Apartemen dan kondominium adalah hunian tingkat susun.

Terlihat Serupa, Ini Perbedaan Kondominium dan ApartemenIlustrasi apartemen di Jakarta. Shutterstock/CAHYADI SUGI

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Kondominium dan apartemen termasuk sebagai alternatif terbaik bagi orang yang ingin memiliki hunian dengan harga relatif terjangkau.

Selain harganya yang terjangkau, hunian ini juga biasanya berada di kawasan perkantoran, hingga pusat kota yang ramai.

Desain hunian bertingkat ini dianggap lebih efisien dan efektif untuk orang yang tinggal di kota-kota besar dengan kepadatan penduduk dengan lahan kosong terbatas.

Keduanya memiliki fungsi hampir sama, yaitu dapat dijadikan tempat tinggal atau diinvestasikan. Bentuk bangunannya pun tak jauh berbeda.

Kendati memiliki kesamaan, sebenarnya keduanya merupakan hal yang berbeda. Lalu, apa perbedaan kondominium dan apartemen? Berikut ulasannya.

Perbedaan kondominium dan apartemen

Jika dilihat dari pengertiannya, apartemen dan kondominium adalah dua hal yang hampir sama. Namun, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya:

1. Bentuk Bangunan

Kondominium berbentuk menara vertikal ke atas yang biasanya hanya terdiri dari 2-3 menara saja dengan fasilitas lebih lengkap dan mewah daripada apartemen. Sedangkan, bentuk bangunan apartemen sama seperti kondominium, hanya saja bangunannya cenderung lebih tinggi dan terdiri lebih dari 3 menara.

2. Status Kepemilikan

Status kepemilikan kondominium adalah sepenuhnya utuh. Maksudnya, pemilik hunian telah secara penuh memiliki hak atas kondominium tersebut. Sementara, apartemen adalah hunian yang disewa seseorang dari pemilik aslinya.

3. Perawatan dan Pemeliharaan

Kegiatan perawatan dan pemeliharaan kondominium adalah tanggung jawab langsung penghuninya sendiri. Sedangkan untuk apartemen, umumnya penghuni dapat melaporkan ke pihak manajemen apartemen apabila membutuhkan perawatan dan pemeliharaan unit hunian.

4. Manajemen dan Pengelolaan

Pada umumnya, manajemen kondominium terdiri dari dua jenis. Pertama, manajemen dikelola oleh para penghuni, jenis kedua dikelola oleh manajemen kondominium langsung. Sementara, apartemen lazimnya dikelola oleh manajemen pengembang bangunan apartemen.

Fungsi Kondominium

Sama halnya dengan apartemen, kondominium berfungsi sebagai tempat tinggal pribadi yang berada di dalam sebuah bangunan gedung vertikal. Seperti pemilik rumah, mereka yang tinggal di kondominium memiliki hak penuh atas hunian tersebut, namun tidak terhadap fasilitas bersama.

Fasilitas yang dimiliki pun tak berbeda jauh: seperti kolam renang, ruang kumpul, taman, dan gym. Fungsi lain kondominium adalah menjadi investasi properti baik sewa-menyewa maupun jual-beli properti.

Related Articles