NEWS

Vaksin Indovac Rilisan Bio Farma Ditargetkan Raih EUA Bulan Depan

Tengah menjalani uji klinis tahap III.

Vaksin Indovac Rilisan Bio Farma Ditargetkan Raih EUA Bulan DepanDirektur Utama Bio Farma Honesti Basyir (kiri) sedang menjelaskan mengenai aksi perusahaan untuk jadi Holding Kesehatan kelas dunia di Kementerian BUMN, Senin (22/8). (FORTUNE Indonesia/ Eko Wahyudi)
by
23 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bio Farma (Persero) menargetkan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri bernama Indovac mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada awal September 2022.
 
"Untuk hasilnya, alhamdulillah kalau dari data-data yang dikumpulkan selama uji klinis menunjukkan hasil yang promising," ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/8).

Honesti mengatakan nama untuk vaksin Indovac atau Indonesia Vaccine tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Pengembangan vaksin Indovac merupakan hasil kerja sama dengan pusat sains kesehatan swasta asal Amerika Serikat, Baylor College of Medicine (BCM). Sementara untuk masalah kehalalan, vaksin tersebut telah diaudit oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sehingga sertifikasi halalnya takkan lama lagi akan dapat diterbitkan.

Perkiraan harga vaksin Indovac

Prosedur pemberian Vaksin Indovac ini sama seperti vaksin Covid-19 lainnya yang beredar di Indonesia, yakni dua dosis primer dan satu dosis booster.

"Untuk harga nanti kita mungkin usahakan di bawah Rp100 ribu, karena proses pembuatannya sebagian besar dilakukan di Indonesia," kata Honesti.

Dia memastikan pemerintah akan memberikan Indovac secara cuma-cuma kepada masyarakat, terutama untuk memenuhi kebutuhan booster serta pemakaian untuk anak. 

"Pemerintah yang bayar (pakai) APBN. Masyarakat menikmati. Peruntukkannya booster dewasa dan primary serta booster untuk anak," katanya.

Kendati begitu, Indovac nantinya bisa jadi vaksin berbayar apabila Indonesia telah melalui masa pandemi Covid-19 dan memasuki endemi.

Kebutuhan masih tunggu keputusan pemerintah

Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3).
Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3). (ANTARAFOTO/Teguh)

Related Topics