NEWS

10 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Mudah

10 cara mudah mengecek tagihan BPJS Kesehatan.

10 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan MudahShutterstock_Cornelius Krishna Tedjo [deleted]

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Mengecek tagihan BPJS Kesehatan bagi sebagian orang adalah rutinitas bulanan yang tak boleh terlewat. Keterlambatan pembayaran bisa membuat peserta dinonaktifkan dan tak bisa berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama hingga rumah sakit rujukan.

Menyikapi itu, BPJS Kesehatan mengembangkan layanan yang memudahkan peserta untuk melihat tagihan bulanan serta masa jatuh tempo pembayarannya. Berikut 10 cara mudah cek tagihan BPJS Kesehatan:

1. Melalui Situs Resmi

Cek tagihan dapat dilakukan melalui situs bpjs-kesehatan.go.id. Caranya mudah, cukup masuk ke situs web BPJS melalui peramban yang terpasang di handphone atau komputer, lalu pilih menu "cek iuran". Kemudian peserta tinggal mengisi data yang dibutuhkan seperti nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan kode keamanan atau captcha.

Setelah semua terisi, lanjutkan dengan mengeklik "cek" dan tunggu sampai prosesnya selesai. Setelahnya, daftar lengkap tagihan yang harus dibayarkan, termasuk denda jika telat membayar, akan muncul di layar.

2. Melalui Aplikasi JKN Mobile

Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi JKN Mobile. Pertama, peserta perlu mengunduh dan memasang terlebih dahulu aplikasi yang tersedia di Play Store. Jika aplikasi sudah terpasang, masuk dengan menggunakan nomor BPJS Kesehatan Anda.

Lalu klik fitur “cek tagihan” dan pilih premi untuk mengetahui berapa tagihan yang harus dibayarkan. Fitur tersebut juga berisi informasi seputar denda jika memang terjadi keterlambatan.

3. SMS Gateway

Jika tak tersambung dengan internet, layanan SMS Gateway dapat digunakan untuk mengecek jumlah tagihan. Caranya mudah, tinggal mengirimkan pesan ke nomor 08777-5500-400 dengan mengirimkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA). Pilih salah satu saja untuk mengetahui berapa tagihan BPJS kesehatan yang harus dibayarkan.

Format SMS: Tagihan (spasi) NOKA atau NIK. Setelah mengirimkan SMS dengan format tersebut, akan ada balasan berupa informasi seputar layanan BPJS kesehatan Anda seperti tagihan yang harus dibayar dan jumlah denda jika ada keterlambatan.

4. Mesin ATM

Pengecekan tagihan juga dapat dilakukan melalui mesin ATM. Beberapa bank seperti BRI, BNI, BCA, dan Mandiri kini telah memiliki layanan cek tagihan BPJS Kesehatan di mesin ATM dengan cara yang hampir serupa.

Pertama, masukkan kartu ATM dan pin. Kemudian, pilih menu "transaksi lain", lalu pilih "pembayaran". Selanjutnya Anda bisa pilih menu "lainnya" dan pilih "BPJS Kesehatan" 

Setelahnya, masukkan nomor akun virtual BPJS Kesehatan yang Anda miliki, lalu pilih "Benar". Jumlah tagihan pun akan langsung muncul dan Anda bisa langsung melakukan pembayaran.

5. Mobile Banking

Cara selanjutnya adalah melalui layanan mobile banking. Beberapa bank yang menyediakan layanan cek dan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di antaranya BCA, Danamon, dan Mandiri. Jika menggunakan mobile banking BCA, pengecekan dapat dilakukan dengan memilih menu "m-payment".

Selanjutnya, pilih opsi BPJS, dan pilih BPJS Kesehatan. Lanjutkan dengan klik "Input No. Bayar" lalu isi juga nomor JKN KIS BPJS Kesehatan yang Anda miliki, klik "OK", lalu klik "Send". Beberapa saat kemudian akan muncul jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan.

6. Call Center

Kemudian, cek tagihan juga bisa dilakukan dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan. Anda bisa langsung menelepon call center di nomor 1500-400. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberikan informasi pribadi terutama nomor kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki. 

Nantinya, pihak customer service akan memberikan informasi seputar jumlah tagihan yang harus dibayarkan. 

7. Chat Assistant

Cara lain untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan adalah dengan chat ke nomor 08118750400. Anda bisa menghubungi nomor tersebut dengan menggunakan aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp dan Telegram, chat assistant atau bisa juga melalui Facebook Messenger milik BPJS Kesehatan.

8. E-Commerce

Platform belanja online atau e-commerce juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan. Salah satunya melalui Tokopedia. Pertama, Anda harus membuka terlebih dahulu situs atau aplikasi e-commerce tersebut, lalu masuk dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.

Kemudian, pilih menu tagihan, lalu klik BPJS dan centang bagian Kesehatan. Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor virtual account BPJS kesehatan, kemudian klik "bayar". Secara otomatis tagihan yang harus dibayarkan akan muncul ke layar gawai atau komputer Anda.

9. E-Wallet

Anda juga bisa mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui dompet digital atau e-wallet seperti LinkAja, Dana, Ovo, atau Gopay. Jika mengecek tagihan melalui LinkAja, Anda tinggal mengunduh aplikasi dan memasangnya pada gawai yang Anda miliki. Lalu, masuk dengan akun yang telah dibuat lalu pilih menu "Lainnya" yang ada pada halaman utama.

Setelah itu pilih opsi "beli/bayar tagihan", kemudian lanjutkan dengan pilih "asuransi" dan pilih "BPJS Kesehatan". Selanjutnya masukkan nomor ID pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS kesehatan. Setelah itu Anda akan melihat informasi kepesertaan mulai dari nama, nomor BPJS Kesehatan, biaya administrasi, jumlah tagihan, dan jumlah keseluruhan yang harus dibayarkan.

10. Mobile Customer Service

Selain call center, ada pula layanan mobile customer service yang bisa dihubungi untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS kesehatan. Ini merupakan layanan jemput bola BPJS Kesehatan dalam bentuk mobil keliling yang hadir di tempat-tempat tertentu. Anda bisa langsung mendatangi mobil tersebut dan bertanya kepada petugas untuk mengetahui tagihan yang harus dibayarkan. 

Itulah 10 cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan dengan mudah dan praktis.

Related Articles