NEWS

10 Negara Terkecil di Dunia, Cek Daftarnya!

Vatikan jadi negara paling kecil menurut Worldatlas.

10 Negara Terkecil di Dunia, Cek Daftarnya!Ilustrasi negara di dunia
16 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Negara-negara terkecil di dunia menarik untuk disimak. Terutama karena keterbatasan luas wilayah tak membuat negara-negara tersebut menjadi terbelakang dan terisolasi dari dunia. Beberapa negara terkecil di dunia bahkan punya daya tarik tersendiri, entah itu karena religiusitasnya, kebudayaannya, atau bahkan pariwisatanya.

Berikut daftar negara terkecil di dunia berdasarkan Worldatlas.

Vatikan

Negara yang wilayahnya hanya seluas 0,44 kilometer persegi ini menempati posisi pertama sebagai negara terkecil di dunia. Tak hanya dari segi luas wilayah, ukuran populasi yang cuma sekitar 800-900 jiwa juga menempatkan Vatikan sebagai salah satu negara dengan penduduk paling sedikit do dunia.

Terletak di tengah kota Roma, Italia, negara ini merupakan tempat bersejarah dan rumah bagi Tahta Suci (The Holy See) atau merupakan nama lain dari pemerintahan Gereja Katolik Roma. Paus adalah kepala administrasi dari Vatikan dan mempunyai otoritas mencakup semua orang Katolik di seluruh dunia.

Monako

Setelah Vatikan, Monako menempati posisi kedua sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 2,02 kilometer persegi. Negara ini merupakan kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Perancis.

Selain dikenal sebagai surga pajak untuk orang kaya, Monako juga terkenal antara lain oleh pariwisatanya, kasino judi, pantai mewah, dan balapan mobil Grand Prix de Monaco.

Related Topics