NEWS

Apa itu RBD Palm Olein, Bahan Minyak Goreng yang Dilarang Diekspor?

Larangan ekspor RBD Palm Olein berlaku Kamis (28/4)

Apa itu RBD Palm Olein, Bahan Minyak Goreng yang Dilarang Diekspor?Ilustrasi palm olein. Shutterstock/nui7711
27 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE- Pemerintah akan memulai larangan ekspor minyak goreng dan bahan bakunya yakni Refined, Bleached, and Deodorized (RBD) Palm Olein besok, Kamis (28/4). Kebijakan tersebut juga diperjelas dengan maklumat dari Kementerian Koordinator Perekonomian bahwa pemerintah tetap akan mengizinkan ekspor crude palm oil (CPO). Lantas apa sebenarnya RBD palm olein dan apa bedanya dengan CPO?

Mengutip Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 392 Tahun 2014 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Industri Minyak Goreng Kelapa Sawit, RBD Palm Olein adalah produk yang dihasilkan dari rafinasi dan fraksinasi CPO.

Dalam bahasa sederhana, RBD merupakan pemurnian minyak sawit mentah sebelum diolah menjadi berbagai produk. Meski demikian, banyak perusahaan yang juga memproses kembali minyak sawit RBD untuk mendapatkan olein yang punya tingkat kemurnian lebih tinggi. Minyak sawit 

RBD laris di seluruh dunia sebagai komoditas bahan baku industri. Selain dimanfaatkan untuk menggoreng pada industri makanan siap saji, RBD Palm Olein juga digunakan sebagai bahan baku margarin dan mentega putih (shortening).

Keunggulan RBD Palm Olein

RBD Palm Olein yang berwarna kekuning-kuningan mengandung Asam Bebas Lemak (FFA) 0,15 hingga 0,3 persen. Salah satu keunggulan dari RBD Palm Olein adalah bebas kolesterol, serta kaya vitamin D dan E. RBD Palm Olein juga sangat stabil terhadap proses oksidasi. 

Melansir Inti Nusa Niaga Abadi, salah satu perusahaan yang memproduksi RBD Palm Olein, produk ini dapat tercampur baik ketika ditambahkan dengan pengemulsi. Selain itu, Minyak RBD juga disebut kaya akan kadar betakaroten. Betakaroten merupakan sumber vitamin A yang dapat ditemukan pada sayuran atau buah berwarna hijau tua, oranye dan ungu dan berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh, serta mencegah penuaan dini kulit

Selain sebagai minyak goreng, RBD palm olein juga digunakan sebagai komponen penting pembuatan sabun, deterjen dan produk kebersihan dan perawatan pribadi lainnya.

Related Topics