NEWS

Cara Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina

Aplikasi MyPertamina dapat terkoneksi ke LinkAja!.

Cara Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertaminaAplikasi MyPertamina. (Shutterstock/Poetra.RH)
06 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah berencana menerapkan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi dengan memanfaatkan aplikasi MyPertamina untuk mengkontrol pembelian produk Pertalite dan Solar.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menuturkan, rencana tersebut masih digodok oleh pemerintah sembari menunggu payung hukum kebijakan berupa Peraturan Presiden (Perpres) disahkan.

Kendati demikian, hingga saat ini aplikasi milik PT Pertamina (Persero) tersebut masih jarang digunakan oleh publik. Dus, cara membeli BBM dengan MyPertamina juga belum banyak diketahui.

Karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi tersebut dan membiasakan diri dengannya, langkah-langkah ini penting untuk diikuti.

Pertama, pastikan aplikasi MyPertamina yang telah Anda unduh dan instal ke gawai Anda. Mengutip laman mypertamina.id , masyarakat bisa mengunduh aplikasi MyPertamina ini melalui PlayStore khusus Android dan App Store untuk iOS.

Jika belum memiliki akun, Anda bisa melakukan registrasi dengan memasukkan nama, tanggal lahir, nomor telepon, serta PIN berupa enam karakter numerik. Setelahnya Anda akan menerima SMS berisi kode OTP untuk verifikasi nomor. Jika registrasi telah selesai, Anda dapat melakukan login dan siap menggunakan aplikasi.

Kedua, setelah masuk ke akun MyPertamina Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi Anda terkoneksi ke platform pembayaran LinkAja! untuk memudahkan masyarakat ketika melakukan pembelian BBM di SPBU. 

Cara Bertransaksi

Setelah memiliki akun dan mengintegrasikan MyPertamina dengan LinkAja! langkah ketiga adalah melakukan transaksi dengan akun MyPertamina. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan jarak antara motor dengan pulau pompa (mesin pengisian bahan bakar) adalah sejauh 1,5 meter.

2. Pengendara motor dipersilakan turun dari kendaraan, kemudian berdiri di tanda yang telah disediakan, berseberangan dengan operator SPBU Pertamina.

3. Operator SPBU Pertamina akan memberitahukan jika posisi kendaraan sudah aman.

4. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terpasang di ponsel Anda dan terhubung dengan akun LinkAja.

5. Lakukan pengisian BBM untuk motor Anda.

6. Silakan meminta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina.

7. Pilih “Bayar” pada aplikasi MyPertamina.

8. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina.

9. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil.

Related Topics