NEWS

Cara Cek Pengumuman PPPK Tenaga Teknis BKN

Pengumuman ada di website BKN atau sscasn.bkn.go.id.

Cara Cek Pengumuman  PPPK Tenaga Teknis BKNilustrasi PNS (dok.BKN)

by Hendra Friana

12 January 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan hasil seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 hari ini, Kamis (12/1). Maklumat yang tertuang dalam surat bernomor 01/PANPEL.BKN/PPPK.KES/I/2023 yang tersebut beralas pada hasil verifikasi yang dilangsungkan secara online terhadap kesesuaian antara dokumen yang dikirimkan para pendaftar dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Dalam surat tersebut, terlampir pelamar seleksi PPPK Tenaga Teknis BKN 2022 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Selain melihat surat tersebut, pelamar juga dapat memeriksa pengumuman kelulusan:

  1. https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Pilih menu login pada bagian kanan atas layar
  3. Login menggunakan NIK dan password
  4. Klik menu "Masuk"
  5. Setelahnya, hasil seleksi administrasi PPPK Tenaga Teknis 2022 akan muncul pada dasbor.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi memilih titik lokasi ujian dan mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada 18–22 Februari 2023, demikian bunyi salah satu poin pengumuman tersebut.

Perincian jadwal dan tempat pelaksanaan Seleksi Kompetensi akan diumumkan kemudian melalui situs www.bkn.go.id.

Setiap informasi berkenaan dengan seleksi PPPK BKN T.A. 2022 akan diumumkan resmi melalui website www.bkn.go.id. Peserta seleksi dapat mengikuti dan memantau seluruh perkembangan pelaksanaan seleksi melalui situs web tersebut.

Masa Sanggah

Pelamar yang dinyatakan tidak berhasil lolos seleksi administrasi dapat melihat alasan ketidaklulusan melalui akun masing-masing. 

Keberatan terhadap hasil seleksi administrasi dapat diajukan pada 16–18 Januari 2023 melalui akun masing-masing pelamar pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Meski demikian, dalam masa sanggah tersebut pelamar tidak diperkenankan untuk memperbaiki/mengubah/mengunggah ulang/memperbarui dokumen yang telah diunggah atau menambah dokumen apa pun.

Panitia Seleksi Pengadaan PPPK BKN T.A. 2022 dapat menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan pelamar setelah dilakukan verifikasi kembali, terhadap kesesuaian persyaratan dengan dokumen yang diunggah pelamar dan hasil sanggah akan diumumkan pada tanggal 26 Januari 2023.

Sempat muncul hoaks

Tempo hari sempat beredar sebuah pamflet berisi informasi rekrutmen pegawai pemerintah non-ASN (Aparatur Sipil Negara) tahun 2023 mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam pamflet disebutkan pula persyaratan rekrutmen dan juga sebuah tautan situs untuk informasi lebih lanjut.

Faktanya, BKN melalui akun Twitter resminya @BKNgoid, memberikan klarifikasi bahwa informasi rekrutmen pegawai pemerintah non-ASN tahun 2023 yang mengatasnamakan BKN tersebut adalah tidak benar. BKN juga mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap informasi rekrutmen palsu dan selalu merujuk informasi dari kanal resmi BKN.

Related Topics