NEWS

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang Ke-24 dan Persyaratannya

Pendaftaran Prakerja gelombang ke-24 dibuka Kamis, 17 Maret.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang Ke-24 dan PersyaratannyaWarga mengakses laman website PraKerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
16 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-24 akan dimulai besok (17/3) pukul 10.30 WIB. Rencananya peserta yang dijaring dalam gelombang kali ini hanya 300 ribu orang. Karena itu, jika berminat untuk mendaftar menjadi peserta, ada baiknya Anda memahami betul setiap proses yang harus dilakukan.

Berikut syarat dan cara mendaftar Kartu Prakerja yang perlu dicermati. 

Mula-mula, buka situs resmi pendaftaran Kartu Prakerja di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki akun, nantinya hanya tinggal meng-klik kalimat "masuk di sini" dan mengikuti seleksi saat program Kartu Prakerja gelombang 24 dibuka.

Jika belum memiliki akun, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Pertama, masukkan alamat email dan password yang terdiri dari 6 karakter pada kolom yang tersedia.

Dalam proses ini, jangan lupa untuk meng-klik tanda centang pada pernyataan di bawah "ulangi password", kemudian klik Daftar.

Kedua, buka email notifikasi yang dikirimkan melalui email yang didaftarkan pada situs Prakerja dan lakukan verifikasi.

Ketiga, jika verifikasi telah dilakukan, maka registrasi akun Anda telah berhasil dan Anda bisa melanjutkan ke proses pendaftaran.

Sebagai catatan, pada tahap ini penting bagi Anda untuk mencermati syarat pendaftaran yang diwajibkan kepada calon peserta, antara lain:

-WNI berusia 18 tahun ke atas.

-Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

-Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil;

-Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

-Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

-Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Tahap pendaftaran

Setelah berhasil melakukan registrasi akun dan memahami seluruh persyaratan yang diwajibkan, maka langkah selanjutnya yang harus diselesaikan sebagai berikut:

Pertama, masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka lagi situs www.prakerja.go.id atau login Prakerja. 

Kedua, verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik “Lanjutkan”’.

Ketiga, lengkapi data diri dan pastikan data yang Anda masukkan telah sesuai. 

Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id,

Keempat, saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yangtercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar. Dalam tahun ini, pastikan Anda mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera handphone.

Jika data yang dimasukkan sudah sesuai, langkah berikutnya adalah verifikasi nomor HP, lalu klik “Kirim”;

Kelima, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda, kemudian klik “Verifikasi”;

Keenam, Isi “Pernyataan Pendaftar” sesuai dengan kondisi Anda sebenarnya. Jika pengisian sudah selesai, Anda bisa meng-klik “Oke”.

Ketujuh, Anda harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Untuk memulainya, Anda harus meng-klik "Mulai Tes". Setelah tes selesai dilakukan, jawaban Anda bakal segera diperiksa oleh tim seleksi Kartu Prakerja.

Kedelapan, Anda tinggal mengikuti tes seleksi dengan memilih Gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, lalu klik "Gabung". Lalu, akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan dan Anda harus klik "Saya Menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Kesembilan, tahap pendaftaran telah selesai dan Anda akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan e-mail setelah penutupan gelombang.

Jika Anda terpilih sebagai penerima Prakerja pada Gelombang 24, langkah selanjutnya yakni:

1. Cek dashboard prakerja

     - Catat 16 angka Nomor Kartu Prakerja

    - Pastikan saldo pelatihanmu sudah tersedia

2. Gunakan fitur ‘Cari Pelatihan’ untuk mencari pelatihan yang sesuai. Lihat dan bandingkan harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan juga cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli. 

3. Beli pelatihan di platform digital mitra dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja. Gunakan saldomu untuk membeli pelatihan sebanyak mungkin. Pelatihan kedua hanya bisa diambil jika pelatihan pertama sudah selesai diikuti

4. Perhatikan batas 30 hari sejak batas pembelian pelatihan sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Jangan sampai kelewatan ya karena setelah itu maka kepesertaan Sobat Prakerja akan dicabut dan tidak akan bisa membeli pelatihan lagi

Related Topics