NEWS

Cara Lengkap Menggunakan WhatsApp Web

Penggunaan WhatsApp Web di Android dan iPhone sedikit beda.

Cara Lengkap Menggunakan WhatsApp WebIlustrasi WhatsApp/Alex Photo Stock Shutterstock.com
22 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Aplikasi pesan instasn WhatsApp memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk dapat mengakses layanan mereka via situsweb. Bagi pekerja yang rutin menggunakan PC, fitur ini amat berguna dan membantu mereka untuk lebih fokus--tak perlu bekali-kali mengecek handphone untuk melihat pesan masuk.

Fitur bernama WhatsApp Web ini juga sangat mudah digunakan. Ia bisa dilakukan tanpa aplikasi khusus, aatau mengubah pengaturan yang ada di PC maupun handphone.

Layanan WhatsApp Web sendiri hampir sama dengan aplikasi yang tersemat di handphone. Ia dapat digunakan untuk mengirim pesan, foto, video ataupun dokumen serta dapat melihat status teman.

Bahkan, WhatsApp Web dapat digunakan di 4 perangkat dan 1 ponsel sekaligus. Jadi Anda tidak perlu keluar masuk perangkat yang sering Anda gunakan. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah masuk dan keluar WhatsApp Web:

Cara masuk WhatsApp Web

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan WhatsApp Web adalah menghubungkan perangkat seluler dengan PC terlebih dahulu.
  • Kemudian,pstikan perangkat dalam kondisi aktif dan tersambung dengan koneksi internet agar aktivitas mengirim atau menerima pesan lancar.
  • Setelahnya, buka browser yang biasa Anda gunakan (Chrome, Safari, Opera, dan sebagainya). Kemudian, masuk ke laman www.web.whatsapp.com di browser.
  • Setelah halaman WhatsApp Web muncul, Anda akan melihat tampilan kode QR yang bisa anda scan melalui telepon seluler anda.
  • Lalu, buka aplikasi WhatsApp di telepon seluler Anda dan klik "More Options" (untuk Android) atau "WhatsApp Settings" (iPhone). Selanjutnya, klik "Linked Devices" lalu ikuti instruksi selanjutnya jika perangkat Anda memiliki autentikasi biometrik.
  • Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, Anda akan diminta memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci ponsel.
  • Sedangkan pada iPhone, klik " Link a Device". Di iOS 14 atau di bawahnya, gunakan Touch ID atau Face ID untuk membuka kunci. Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, Anda akan diminta memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci ponsel. Gunakan telepon seluler untuk memasukkan QR Code di komputer Jika sudah, klik "Done".

Cara Keluar WhatsApp Web

Setelah mengetahui cara masuk, WhatsApp Web, penting pula untuk mengetahui cara mengeluarkan atau log out akun Anda dari situs web. Ini bisa dilakukan dengan dua cara:

  1. Buka WhatsApp Web di browser, lalu pilih ikon titik tiga yang berada di atas daftar chat. Selanjutnya klik tanda keluar, otomatis akun Anda keluar dari WhatsApp.
  2. Melalui handphone dengan cara memilih ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas aplikasi WhatsApp (Android) atau menu pengaturan di bagian kanan bawah (iPhone). Lalu, klik perangkat tertaut. Selanjutnya, pilih menu log out from all device atau keluar dari semua perangkat. Nantinya akun WhatsApp secara otomatis keluar dari WhatsAppWeb yang tersambung di perangkat mana pun. 

Related Topics