NEWS

Daftar 10 Negara Terbesar di Dunia

Rusia memiliki luas total 17,09 juta Km.

Daftar 10 Negara Terbesar di DuniaIlustrasi globe. Pexels/NastyaSensei
07 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Negara terbesar di dunia bisa diurutkan berdasarkan sejumlah metrik, salah satunya luas wilayah yang meliputi daratan dan perairan. Daftar negara terbesar yang diurutkan dengan ukuran tersebut biasanya sangat jarang mengalami perubahan, kecuali terjadi gejolak geopolitik yang menyebabkan unifikasi atau terbentuknya satu negara baru yang memisahkan diri dengan negara besar.

Misalnya, terjadi ketika Uni Soviet bubar dan memunculkan 15 negara baru di kawasan Eropa Timur dan Asia. Sejak saat itu (1991), sebagian besar wilayah Uni Soviet beubah menjadi negara bernama Rusia. Adapun negara yang melepaskan diri dan menyatakan merdeka antara lain Azerbaijan, Belarus, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgizstan, Latvia, Lituania, Moldova, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan.

Lantas, seperti apa daftar negara terbesar di dunia saat ini? Berikut ulasannya:

Rusia

Rusia menjadi negara terbesar di dunia versi Worldometers. Total luas wilayahnya mencapai 17.098.242 km persegi, di mana area daratannya mencapai 16.376.879 km persegi  atau setara 11 persen daratan bumi, sedangkan sisanya merupakan wilayah perairan termasuk danau, waduk, dan sungai.

Areal perairan tersebut salah satunya adalah danau Baikal, danau dengan volume air tawar paling banyak secara global. Negeri yang memiliki sebutan Beruang Merah itu terbentang 77 persen di Benua Asia dan 23 persen di Benua Eropa. 

Kanada

Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia menurut worldometers. Negara ini memiliki total luas 9.984.670 km persegi atau 6,1 persen daratan bumi. Negara dengan julukan Negeri Pecahan Es ini mengambil sekitar dua per lima kawasan Amerika Utara.

Kanada juga dikenal sebagai negara dengan banyak danau, berjumlah 31.700 danau. Salah satu yang terkenal adalah Danau Superior seluas 82.100 km persegi. Garis pantai di Kanada mencapai 243.977 km.

Related Topics