NEWS

ESDM Tunjuk Waskita Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga Rp92,6 Miliar

Pembiayaan proyek menggunakan APBN 2022.

ESDM Tunjuk Waskita Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga Rp92,6 MiliarDok. PGN
07 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai pelaksana pembangunan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga dengan nilai kontrak Rp92,6 miliar. Paket pekerjaan itu dilaksanakan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat; Kota Semarang, Jawa Tengah; dan Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Senior Vice President EPC Division, AS Wisnu Wijayanto mengatakan sumber pendanaan pembangunan tersebut akan berasal dari APBN 2022 dengan jenis pembayaran monthly certificate sesuai kemajuan progress yang dicapai setiap bulan. Rencananya pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga ini akan dikerjakan dalam 240 hari setelah Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) terbut.

"Dengan pengalaman yang kami miliki, kami optimistis dapat menyelesaikan proyek ini dengan kualitas baik, tepat waktu dan garansi kapasitas sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang disepakati," ujar Wisnu dalam keterangan resminya, Kamis (7/4).

Adapun penunjukan tertuang dalam perjanjian kontrak pekerjaan yang ditandatangani oleh Senior Vice President EPC Division, AS Wisnu Wijayanto dan Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Jargas 3 Satuan Kerja Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Doni Oktarizon.

Penggunaan masih rendah

Dalam kesempatan sama, Director of Operation III PT Waskita Karya, Gunadi mengatakan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat.

Saat ini, penggunaan bahan bakar gas bumi melalui pipa sektor rumah tangga di Indonesia sangat terbatas disebabkan kurangnya infrastruktur gas bumi yang terdistribusi secara merata.

Karena itu, pemerintah menyiapkan infrastruktur jaringan distribusi gas hingga ke rumah tangga, sehingga diharapkan ketersediaan gas semakin mudah, murah, serta merata di Indonesia agar manfaatnya dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat.

Rencananya infrastruktur jaringan gas bumi ini akan dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh tidak kurang dari 11.152 rumah di tiga kota tersebut. 

“Semoga dengan ditunjuknya Waskita, proyek ini dapat mendukung program pemerintah dalam menyediakan sarana infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga yang penyalurannya melalui pipa gas hingga ke rumah tangga memanfaatkan potensi gas bumi yang ada," pungkasnya.

Related Topics