NEWS

Gempa Banten: 21.490 Pelanggan PLN Terdampak Pemadaman

Sistem kelistrikan mulai dipulihkan.

Gempa Banten: 21.490 Pelanggan PLN Terdampak PemadamanPemantau sistem kelistrikan Banten. Doc: PLN
14 January 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan Banten sudah kembali pulih usai terdampak gempa bermagnitudo 6,7 Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB. Manager PLN UP3 Banten Selatan, Irwanto menjelaskan gempa yang belangsung selama 30 detik tersebut berdampak 3 penyulang kelistrikan di dua wilayah kerja yang dekat dengan pusat gempa yaitu Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan dan ULP Malingping.

Dua unit itu, membawahi 296 gardu distribusi yang melayani 21.490 pelanggan. Hingga pukul 18.00, PLN berhasil memulihkan listrik 11.196 dari 21.490 pelanggan yang terdampak tersebut.

"PLN gerak cepat untuk bisa memulihkan sistem kelistrikan khususnya di dua wilayah tersebut. PLN menurunkan tim recovery untuk memastikan besar dampak dan melakukan pemulihan," ujar Irwanto dalam keterangan resminya.

Sebagai catatan, saat ini tercatat jumlah pelanggan di seluruh wilayah Banten mencapai 3,6 juta. Di luar Banten, PLN memastikan sistem kelistrikan masih terpantau aman.

Masyarakat Diimbau Tak Panik

Irwanto mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Perseroan, kata dia, terus berupaya untuk melakukan pemulihan dan pengamanan sistem kelistrikan.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami di sekitarnya," pungkas Irwanto.

Data dari BMKG menunjukan Pusat Gempa berada di Kabupaten Pandeglang, wilayah Banten dengan kekuatan magnitudo 6,7. Gempa yang berlangsung selama 30 detik tidak berpotensi tsunami.

Related Topics