NEWS

Menteri PUPR Bahas Peluang Kerja Sama Bangun IKN dengan Finlandia

Pemerintah jamin kemudahan perizinan konstruksi.

Menteri PUPR Bahas Peluang Kerja Sama Bangun IKN dengan FinlandiaKementerian PUPR adakan pertemuan bilateral dengan Finlandia. (Doc: kementerian PUPR).
25 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Luar Negeri Finlandia Nina Vaskunlahti dan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti, Jakarta, Rabu (23/11). 

Menteri Basuki mengatakan, pertemuan  antar kedua negara tersebut berfokus pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam bidang pengelolaan air limbah (waste water management) dan kota pintar (smart city). 

"Setelah pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan untuk menentukan skema kerja sama yang disepakati dan kemudian secara teknis akan ditangani oleh Dirjen sesuai bidangnya masing-masing," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (25/11).

Basuki menuturkan, kementeriannya terbuka untuk menjalin kerja sama pembangunan IKN dengan mengedepankan inovasi teknologi baru terutama untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. 

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kata dia, tiap calon investor dari luar negeri dipersyaratkan untuk memiliki kantor cabang dan pusat fabrikasi di Indonesia.

"Sebagai contoh, Pemerintah Indonesia sudah punya lahan yang disiapkan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, investor tinggal bawa teknologi dan buka pabrik," kata Menteri Basuki. 

Ia menambahkan, pemerintah juga menjamin kemudahan perizinan untuk membuka izin usaha konstruksi di Indonesia. "Seluruh perizinan akan dibantu oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal dan dimonitor langsung oleh Presiden," tuturnya.

Finlandia mengaku tertarik tindaklanjuti tawaran investasi

Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Luar Negeri Finlandia Nina mengaku sangat tertarik untuk melihat tindak lanjut dari pertemuan hari ini.

"Kami datang bersama dengan sejumlah perusahaan di Finlandia yang bergerak dalam bidang konstruksi dan inovasi teknologi untuk keberlanjutan lingkungan," kata Nina.

Sebelumnya Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, memperkirakan penduduk IKN Nusantara akan mencapai 200 ribu jiwa pada 2024. Ia menyampaikan, strategi pengembangan infrastruktur IKN merupakan salah satu upaya menjawab pertanyaan investor terkait peluang usaha di IKN.

Ke depan, pihaknya akan membangun infrastruktur dengan populasi yang cukup bagi investor untuk menanamkan modal di sejumlah titik di IKN. “Yang penting, populasinya cukup untuk para investor itu mempertimbangkan bahwa ini memiliki daya beli yang cukup,” ujarnya.

Pembangunan IKN Nusantara menrurutnya masih akan mengacu pada konsep awal berupa kota rimba yang ramah lingkungan. “Hanya 25 persen yang dibangun, 5-10 persen untuk hijau, sisanya yang 65 persen itu nanti akan tetap jadi hutan. Kita ingin, namanya juga kota hutan, kota rimba raya, jadi yang itu tetap kita pertahankan,” katanya.

Related Topics