NEWS

Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai 51 Persen Saham Elnusa

Elnusa yakin dapat kerek pendapatan PHE.

Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai 51 Persen Saham ElnusaDok. Pertamina
03 December 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi menguasai 51 persen saham PT Elnusa Tbk (ELSA) setelah memperoleh pemberitahuan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) atas pembelian 9,9 persen saham yang sebelumnya dimiliki oleh Dana Pensiun Pertamina (DPP).

Dengan keluarnya pemberitahuan pada 1 Desember 2021 itu, PHE resmi pemegang saham mayoritas Elnusa. "Kompetensi dan kapabilitas unggul elnusa telah terbukti mendukung kinerja subholding upstream selama ini," kata Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir dalam keterangan resminya, Jumat (3/12).

Ali melanjutkan, aksi korporasi yang dilakukan oleh PHE ini merupakan bagian dari upaya penguatan dalam pembentukan Subholding Upstream Pertamina serta penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu migas.

Langkah strategis dari PHE juga ini diyakini akan mengokohkan posisi Elnusa sebagai perusahaan nasional jasa energi yang mampu memberikan keuntungan dan oeninfkt nilai layanan untuk klien juga para pemegang saham. 

"Kami memiliki segmentasi bisnis yang lengkap dalam jasa energi mulai dari hulu sampai hilir, dengan demikian kami siap berkolaborasi dan terus bersinergi untuk berperan aktif mendukung Subholding Upstream, Pertamina Group dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi migas nasional 1 juta BOPD di tahun 2030 mendatang," sambungnya

Bergabung ke PHE

Sebelumnya, sejak November 2020, Elnusa resmi bergabung dalam Subholding Upstream Pertamina setelah mengumumkan bahwa saham yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) sebesar 41,1 persero dialihkan ke PHE.

Melalui diversifikasi portfolio yang dimiliki ELSA saat ini, mulai dari jasa hulu migas, distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang, Ali optimistjs pihaknya secara penuh dapat mendukung Pertamina Group dalam meningkatkan produksi migas di sektor hulu.

Selain itu, Elnusa juga yakin dapat mendukung ketahanan dan suplai energi ke seluruh negeri melalui pengelolaan dan distribusi BBM dan LPG, khusunya di luar Pulau Jawa.

“Melihat peluang sinergi yang semakin luas di lingkup Subholding Upstream serta kompetensi unggul dan pengalaman Elnusa yang mumpuni, kami semakin optimistis untuk meningkatkan kinerja ke depan menjadi lebih baik lagi," tegasnya.

Related Topics