NEWS

Setoran PNBP BLU Melonjak 80% di 2021

Menkeu minta BLU tak berpuas diri.

Setoran PNBP BLU Melonjak 80% di 2021Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI. (Flickr)

by Hendra Friana

30 March 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Keuangan mencatat kontribusi Badan Layanan Umum (BLU) terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNB) mencapai 27,5 persen di tahun lalu. Dengan jumlah setoran mencapai Rp126,02 triliun, PNBP dari BLU juga menunjukkan lompatan pertumbuhan tahunan yang cukup signifikan, yakni mencapai 80 persen.

"BLU tahun lalu, dari sisi kontribusi pendapatan negara bukan pajak, naik yaitu sebesar 27,5 persen dan pertumbuhannya sangat tinggi yaitu 80 persen," ujarnya dalam Rapat Koordinasi BLU 2022, Rabu (29/3).

Meski demikian, Bendahara Negara meminta kepada seluruh BLU untuk tak terlena dengan capaian tinggi di tahun lalu. Sebab, capaian itu tak hanya berasal kinerja, melainkan dari pengaruh eksternal. Contohnya kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO) yang mengerek penerimaan melalui BPDPKS.

"Kita ingin tak cepat berpuas diri, karena kinerja yang meningkat itu akibat situasi yang kita hadapi seperti pandemi dan kenaikan harga minyak kelapa sawit mentah (CPO). Jadi pertumbuhan yang besar apakah itu karena shock sementara atau hasil kinerja yang baik," imbuhnya.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran BLU untuk berani melakukan otokritik terhadap kinerja yang telah dilakukan. "Kita bisa bertanya 'ini baik karena kerja kita atau shock dari luar'. Saya berharap dalam kontrak kinerja nanti dapat dipisahkan antara hasil kinerja karena syok eksternal atau hasil kinerja yang nyata," tuturnya.

Layanan publik

Dakam kesempatan sama, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan BLU tak hanya meraup pendapatan hingga Rp126 triliun tahun lalu melainkan juga melakukan berbagai pelayanan publik.

"Dari segi keuangan, BLU dapat membukukan pendapatan hingga Rp126 triliun. Selain itu, BLU juga mendukung masyarakat dengan memberikan pelayanan di berbagai bidang seperti pendidikan hingga kesehatan," ucapnya.

Di bidang kesehatan, misalnya. Meski rumah sakit (RS) yang dimiliki BLU hanya 3,6 persen dari total RS di Tanah Air, tapi kontribusinya terhadap masyarakat dapat mencapai 15 persen dari total kontribusi RS di Indonesia.

Tak hanya itu, ia di bidang pendidikan, ada 25 persen mahasiswa di Indonesia yang kini belajar di bawah naungan perguruan tinggi milik BLU. Padahal, jumlah perguruan tinggi BLU hanya sebesar 2,96 persen dari total perguruan tinggi di Indonesia