NEWS

Tol Cisumdawu Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran Hingga Pukul 15.00 WIB

Tol Cisumdawu ditarget rampung seluruhnya pada Mei 2023.

Tol Cisumdawu Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran Hingga Pukul 15.00 WIBMenteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri), dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (kedua kanan) meninjau proyek tol Cisumdawu. (Doc: BKIP Kemenhub)
10 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jalan Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan, akan beroperasi fungsional (gratis) pada masa mudik Lebaran 2023. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, tol ini akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

“Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Muhadjir usai meninjau kondisi Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, Minggu (9/4).

Pada kesempatan itu pula Budi Karya menjelaskan alasan tol Cisumdawu masih beroperasi secara fungsional pada saat mudik Lebaran tahun ini adalah pertimbangan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewatinya.

“Kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin 

Seluruh ruas tol ditargetkan rampung akhir Mei 2023

Basuki mengatakan pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional akan mengikuti sepenuhnya arahan dari Korlantas Polri. "Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Setelah dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023, "sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri, Firman Santyabudi, mengungkapkan jalur tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023 mendatang ini kondisinya masih tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan bagi para pengemudi. Dan [kami] tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari, sementara [kami] masih disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi,” ujar Firman.

Sebelumnya, tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu.

Dengan diselesaikannya jalur tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6, maka jalur Tol Cisumdawu memiliki panjang total 65 km. Kehadiran tol ini akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju ke Bandara Kertajati atau sebaliknya, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Related Topics