NEWS

Harga Pangan Dunia Lepas Landas, Indonesia Bisa Terdampak

Harga pangan dunia mencapai level tertinggi sejak 2011.

Harga Pangan Dunia Lepas Landas, Indonesia Bisa TerdampakANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp
14 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mencatat harga pangan dunia terus berada dalam tren peningkatan bahkan mencapai level tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Kenaikan harga pangan dunia ini dikhawatirkan berdampak ke Indonesia.

Berdasarkan data FAO, indeks harga pangan dunia  sepanjang September mencapai 130,0 poin. Posisi harga tersebut artinya telah meningkat 1,2 persen dari bulan sebelumnya. Bahkan, jika dibandingkan periode yang sama 2020, harga melesat 32,8 persen.

“Kenaikan terakhir indeks harga pangan sebagian besar didorong oleh harga yang lebih tinggi pada komoditas sereal dan minyak nabati. Harga susu dan gula juga menguat, sedangkan harga daging relatif stabil,” demikian FAO dalam keterangan resmi dikutip pada Kamis (7/10).

Harga sereal, misalnya, naik 27,3 persen terutama akibat peningkatan harga gandum. Peningkatan harga komoditas ini terjadi lantaran keterbatasan pasokan ekspor di tengah pulihnya permintaan di level internasional.

Sedangkan, harga minyak nabati menguat didorong oleh kenaikan harga minyak sawit. Harga susu juga tumbuh dipengaruhi oleh keterbatasan pasokan internasional. Sementara, lonjakan harga gula disebabkan penurunan produksi Brasil, negara penghasil gula terbesar dunia.

Menurut FAO, indeks harga pangan dunia saat ini merupakan level tertinggi setidaknya sejak 2011. Reli kenaikan harga pangan ini sudah terjadi sejak September 2020 dengan posisi indeks yang baru mencapai 97,9.

Harga pangan Indonesia

Pedagang tertidur menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021)
Pedagang tertidur menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Di Indonesia harga sejumlah komoditas pangan juga terlihat naik. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga minyak goreng, misalnya, naik 15,0 persen secara tahunan menjadi Rp16.500 per kg. Harga daging sapi juga naik 4,8 persen menjadi Rp124 ribu per kg.

Peneliti Center of Reform on Economics (Core), Yusuf Rendy Manilet, berpendapat ada sejumlah faktor yang menyebabkan harga pangan dunia saat ini berada dalam koridor kenaikan. Salah satunya biaya distribusi yang cukup tinggi akibat keterbatasan kontainer pengangkut.

Di samping itu, kata Yusuf, bayang-bayang kenaikan bahan bakar energi, proses produksi yang lebih banyak untuk beberapa komoditas, dan panen yang lebih cepat untuk hasil pertanian di Amerika Serikat juga turut menyebabkan pergerakan harga pangan dunia. Dia menambahkan, perbedaan nilai tukar juga dapat dijadikan sebagai faktor penyebab.

“Tentu pemerintah perlu memetakan, penyebab harga kenaikan pangan dari berbagai dunia ini karena tadi faktor penyebab bisa berbeda antara satu negara dan dengan komoditas tertentu, Pemantauan perlu dilakukan terutama di negara seperti AS, Cina, dan juga negara pemasok utama,” kata Yusuf kepada Fortune Indonesia, Kamis (7/10).

Yusuf menambahkan pemerintah di dalam negeri juga perlu memastikan pasokan pangan mencukupi serta distribusinya berjalan baik. Hal lain yang juga perlu diantisipasi adalah masalah krisis energi saat ini yang berpotensi merembet ke kenaikan harga pangan.

“Tugas-tugas ini saya kira yang akan menunggu badan pangan nasional, Bulog, dan badan terkait,” katanya. “Otoritas tentu perlu berkoordinasi menyiapakan variasi perencaanaan untuk menjaga pasokan dan harga pangan dalam negeri."

Respons Kementerian Pertanian

Ilustrasi pangan cabai.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Related Topics