NEWS

Kereta Panoramic Beroperasi Lagi, Simak Rute dan Tarifnya

Rute kereta panoramic saat ini ke Bandung & Surabaya.

Kereta Panoramic Beroperasi Lagi, Simak Rute dan TarifnyaPenumpang kereta panoramic. (dok. KAI)
30 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah membawa kabar baik bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjajal kereta api panoramic. Setelah sempat disetop beberapa waktu lalu, kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati pemandangan selama perjalanan itu akan kembali beroperasi.

Kabar tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dalam keterangan pers, dikutip Senin (30/1), Budi Karya mengatakan kereta api panoramic disambut banyak pengguna jasa kereta api.

“Kereta ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Saya kira jumlah kereta dan rutenya bisa ditambah ke depannya karena minat masyarakat yang tinggi terhadap kereta ini,” ujarnya.

Dalam uji coba pada Desember 2022, kereta panoramic memiliki rute stasiun Gambir Yogyakarta PP yang dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan.

Berdasarkan keterangan PT KAI, kereta Panoramic rencananya akan dioperasikan kembali pada akhir pekan Februari mendatang. Kereta tersebut akan dirangkaikan pada KA Penumpang Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pulang pergi) dan Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pulang pergi).

Untuk tarif, tiket Argo Parahyangan Panoramic dibanderol Rp350.000, sedangkan Argo Wilis Panoramic Rp1.120.000. Kedua kereta memiliki kapasitas 38 tempat duduk. Tiket kereta panoramic ini dapat dipesan pada aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya.

Spesifikasi khusus

Bagian kabin kereta Panoramic.
Bagian kabin kereta Panoramic. (dok. KAI)

Saat menjajal kereta panoramic, Sabtu (28/1), Budi Karya menyebutnya kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia.

Kereta panoramic memiliki jendela dengan ukuran sangat besar pada kedua sisinya. Lalu, terdapat atap kaca yang memanjang dari bagian depan hingga belakang gerong yang dapat dibuka secara otomatis.

“Ini memberikan sensasi yang berbeda karena bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan,” ujarnya.  

Selain itu, kereta Panoramic juga dilengkapi berbagai fasilitas menarik, meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan melalui remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi dan rak bagasi khusus di ujung kereta. Para penumpang juga mendapat pelengkap khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya menyatakan beberapa negara telah memiliki layanan kereta Panoramic, di antaranya Amerika Serikat, Jepang dan Swiss.

“Saat ini kita sudah punya kereta panoramic seperti yang ada di luar negeri. Jadi tidak usah jauh-jauh ke Swiss. Ini suatu inovasi yang baik dari PT KAI,” ujarnya.

Penyetopan demi evaluasi

Kereta panoramic.
Kereta panoramic. (dok. KAI)

Related Topics