NEWS

Perbedaan UMK dan UMR yang Perlu Anda Ketahui

Pahami perbedaan keduanya.

Perbedaan UMK dan UMR yang Perlu Anda Ketahuiilustrasi pekerja pabrik (unsplash.com/Jeriden Villegas)
28 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Apa saja perbedaan UMK dan UMR? Setiap daerah memiliki upah minimum yang mana besarannya berbeda-beda. Upah minimum untuk karyawan yang bekerja di Sleman, Yogyakarta tentu berbeda dengan upah karyawan di Kota Madya Jogja. Untuk membedakannya, ada istilah UMR, UMK, dan UMP. Berikut ini adalah penjelasan perbedaan UMK dan UMR.

Pengenalan tentang UMK dan UMR

sebagai pekerja, Anda harus tahu perbedaan UMK dan UMR
ilustrasi pekerja kantoran (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Istilah UMR dan UMK tentu sudah tidak asing lagi bagi pencari kerja karena biasanya menjadi salah satu pertimbangan untuk memutuskan akan bekerja di mana.

Berhubung nilai upah minimum di kota besar biasanya lebih tinggi, akhirnya banyak yang memilih untuk merantau dan arus urbanisasi pun meningkat.

Ternyata, ada perbedaan antara UMK dan UMR, terutama pada besaran dan parameternya dalam menentukan besaran upah minimum keduanya.

Besaran upah minimum juga selalu naik setiap tahun. Seperti yang terjadi di tahun 2022 ini, angka UMP naik hingga 1,09 persen. 

Penetapan upah minimum baik UMR, UMK, dan UMP ini berkaitan erat dengan bagaimana perusahaan menggaji karyawannya. Kenaikan upah minimum menjadi yang paling dinanti oleh karyawan. 

Pemerintah mempertimbangkan banyak hal dan menggunakan sejumlah skema untuk menentukan angka minimum pengupahan di masing-masing daerah. 

Penentuan skema ini nantinya akan memiliki pengaruh cukup besar dalam menentukan besaran upah para pekerja. Terdapat tiga jenis upah minimum yang perlu diketahui, yaitu UMR, UMP, dan UMK.

Perbedaan UMP, UMK, dan UMR

pegawai harus tahu perbedaan UMK dan UMR
ilustrasi pegawai pabrik (unsplash.com/Shoein Abolhassani)

Related Topics