NEWS

Ini Jejak Karier Filianingsih yang Terpilih jadi Deputi Gubernur BI

Filianingsih turut andil di berbagai proyek ekonomi digital.

Ini Jejak Karier Filianingsih yang Terpilih jadi Deputi Gubernur BIKepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta/Dok BI
14 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Komisi XI DPR-RI memutuskan Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI terpilih menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023. Keputusan tersebut diambil pasca uji kelayakan dan kepatutan yang dijalani kemarin (13/2).

Menanggapi keputusan tersebut, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan,  Bank Indonesia menyambut baik Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur terpilih yang akan mengemban tugas pada 2023-2028 mendatang. Hasil pemilihan ini merupakan salah satu perwujudan bahwa Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia dipilih berdasarkan sistem meritokrasi.

“Yakni pada kompetensi dan kapabilitas terbaik yang dimiliki tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), dalam menjalankan amanat pelaksanaan tugas Bank Indonesia,” kata Erwin melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Selasa (14/2).

Ini jejak karier Filianingsih di BI

Ilustrasi Bank Indonesia/ Shutterstock Harismoyo

Wanita yang akrab dipanggil Fili memulai karier di BI sejak tahun 1986 sebagai staf Departemen Internasional BI. Setelah itu, Ia dipindahkan ke Kantor Perwakilan BI Surabaya.

Perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada tahun 1963 juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI pada 2013-2015. Setelah itu, Fili dipercaya mengemban jabatan sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI selama 2015-2019.

Sebelum terpilih secara aklamasi menjadi Deputi Gubernur BI, Fili menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019. Sejumlah jabatan tersebut diraihnya dengan landasan keilmuan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Serta gelar master di bidang Economics and Finance dari Boston University, Amerika Serikat pada tahun 1992.

Turut andil dalam berbagai projek ekonomi digital

Buku Putih Proyek Garuda, Bank Indonesia.
Buku Putih Proyek Garuda, Bank Indonesia. (Bank Indonesia)

Related Topics