NEWS

Ini Negara-negara Terbersih di Dunia, Minat Berkunjung?

Denmark jadi negara terbersih di dunia.

Ini Negara-negara Terbersih di Dunia, Minat Berkunjung?ilustrasi negara Denmark (pexels.com/Maria Orlova)

by Suheriadi

16 January 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Yale University dan Columbia University bekerja sama dengan World Economic Forum untuk mengukur tingkat kebersihan dan ramah lingkungan di 180 negara dunia. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai tingkat kebersihan di suatu negara, serta keberhasilan mereka dalam pembangunan, teruatama di sektor kesehatan dan lingkungan. 

Penentuan peringkat negara terbersih tersebut dilakukan melalui Environmental Performance Index (EPI) yang mengukur 32 indikator di 11 kategori. Kategori tersebut meliputi kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, dan keberlanjutan.

Kebersihan sendiri berkontribusi besar pada kelangsungan hidup manusia. Dari 180 negara yang diukur pada 2021 lalu, ada 5 negara terbersih di dunia. Lalu, negara-negara mana di dunia yang menjadi negara terbersih?

1. Denmark

negara Denmarkilustrasi negara Denmark (pexels.com/Daniel Jurin)

Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia. Dengan total skor EPI 82,5, Denmark meraih posisi pertama karena skornya yang tinggi dalam beberapa kategori, yakni Pengolahan air limbah (100), pengelolaan limbah (99,8), dan indeks perlindungan spesies (100).

Negara ini memiliki beberapa kebijakan yang efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Hal itu terlihat dari jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik. 

2. Luksemburg

negara Luksemburgilustrasi negara Luksemburg (pexels.com/Dylan Leagh)