NEWS

Jadi Juara Piala Dunia 2022, Ekonomi Argentina Bisa Terdongkrak 0,25%

Di tengah inflasi tinggi, ekonomi Argentina tumbuh 6,1%.

Jadi Juara Piala Dunia 2022, Ekonomi Argentina Bisa Terdongkrak 0,25%Timnas Argentina Merayakan Kemenangan Juara Piala Dunia/Instagram FIFA
19 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tim Nasional (Timnas) Argentina berhasil menyandang gelar juara pada piala dunia 2022 di Qatar setelah mengalahkan Timnas Prancis dengan drama adu pinalty 4-2, usai bermain seri 3-3 hingga selesai extra time.

Tentu kemenangan tersebut bukan hanya milik Messi dan Tim, namun akan berdampak kepada ekonomi negara Tim Tango tersebut. Bahkan, ekonomi Argentina diproyeksikan bakal terdongkrak 0,25 persen dalam dua kuartal usai turnamen selesai digelar. 

Hal tersebut tertuang dalam penelitian yang dirilis baru-baru ini oleh Marco Mello, peneliti dari University of Surrey, Inggris, dikutip dari Bloomberg, Senin (19/12). Menurut Mello, Argentina berada di posisi yang lebih baik daripada Prancis untuk meraup keuntungan ekonomi dengan memenangkan Piala Dunia. 

"Juara dunia sepak bola itu cenderung menikmati tambahan 0,25 persen pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal setelah turnamen. Itu terutama hasil dari peningkatan ekspor karena pemenang menikmati visibilitas internasional yang lebih besar," kata Mello.
 

Mengulang jejak ekonomi Brazil

The FIFA Club World Cup Qatar Trophy/Fifa.com

Dalam penelitiannya, Mello juga mengambil contoh Timnas Brazil yang menjadi pemenang Piala Dunia 2002 silam. Negara asal Amerika Selatan itu menunjukkan kenaikan ekspor signifikan usai menjuarai piala dunia yang digelar di Korea dan Jepang. 

Tercatat, pada tahun 2002 pertumbuhan ekonomi Brazil mampu tumbuh 3,1 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari tahun 2001 yang hanya 1,4 persen. 

Dengan demikian, diproyeksikan Argentina bakal mengulang jejak Brazil dalam mendongkrak ekonomi. Apalagi, ekonomi Argentina saat ini dilanda gejolak akibat tingkat inflasi yang sangat tinggi.

Di tengah inflasi tinggi, ekonomi Argentina mampu tumbuh 6,1%

negara Argentina
ilustrasi negara Argentina (pexels.com/Rafael Guimarães)

Related Topics