NEWS

Jelang Libur Sekolah, Pahami Class Meeting dan Manfaatnya

Ini sejumlah contoh lomba class meeting.

Jelang Libur Sekolah, Pahami Class Meeting dan ManfaatnyaAnak-anak sekolah mengenakan kacamata realitas virtual di sekolah di kelas ilmu komputer. Shutterstock/ Halfpoint.

by Suheriadi

13 December 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah semua kegiatan belajar berakhir di akhir semester, biasanya sekolah mengadakan class meeting. Kegiatan seru ini melibatkan semua siswa di sekolah. 

Class meeting sendiri merupakan sebutan untuk pekan setelah Penilaian Akhir Semester (PAS). Pada pekan ini, semua siswa sudah selesai menjalani PAS yang lumayan membuat stress. Sehingga, kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh siswa karena menjadi ajang pelepas penat setelah ujian. 

Selain itu, ajang ini juga kerap menjadi momentum bagi siswa untuk lebih menjalin keakraban antar kelas. Kegiatannya pun banyak dan bermacam-macam. Ada kelompok lomba olahraga dan ada juga yang non olahraga.

Tujuan class meeting

Jasa penitipan anak adalah salah satu jenis usaha dari rumahilustrasi jasa penitipan anak (pexels.com/Kampus Production)

Class meeting memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kekompakan dan sebagai wadah penyalur bakat dari peserta didik. Tak hanya, kegiatan ini juga diharapkan memberi dampak baik bagi guru.

Class meeting ini juga memiliki berbagai manfaat. Dengan banyaknya perlombaan, class meetin menjadi ajang untuk memupuk kekompakan antar siswa dan guru. Ajang ini juga menjadi tempat pelatihan mental kompetitif dan sportivitas. 

Manfaat lainnya, class meeting dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Mereka yang tidak terbiasa dengan kerja sama kelompok akan menjadi semakin percaya diri setelah ikut jadi personil lomba beregu untuk kelas.

Contoh lomba class meeting

Kegiatan ‘munggahan’ bersama anak yatim dalam rangka menyambut bulan Ramadan/Dok. Dompet Dhuafa

Related Topics