NEWS

Ketahui Sejarah Kota Modern di Papua, Kuala Kencana

Ini fasilitas lengkap dari daerah Kuala Kencana.

Ketahui Sejarah Kota Modern di Papua, Kuala KencanaPenyelenggaraan PON XX Papua. (ShutterStock/Ronald Irfak)
15 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetehaui, kalau Papua memiliki kota modern. Kota tersebut bernama Kuala Kencana yang terletak di Kota Timika, Kabupaten Mimika. 

Menariknya, daerah ini termasuk salah satu kota yang tidak dapat dimasuki Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang meneror warga sipil dengan beragam pelanggaran hukum. Hal ini lantaran Kota Kuala Kencana dilengkapi sistem keamanan ketat untuk menjamin keamanan seluruh masyarakat di kota tersebut.

Kota seluas 511 kilometer persegi memiliki populasi penduduk sekitar 2.010 jiwa. Meskipun letaknya di tengah hutan dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, Kota Kuala Kencana memiliki fasilitas yang lengkap dan modern.

Untuk mengetahui lebih detail, simak sejarah Kota Modern di Papua, Kuala Kencana berikut ini. 

Sejarah dari Kuala Kencana

masyarakat Provinsi Papua
ilustrasi masyarakat Provinsi Papua (unsplash.com/Surya Prakosa)

Lokasi Kuala Kencana berjarak sekitar 15 menit dari Timika. Kawasan ini menjadi salah satu pusat administrasi dan pemukiman pekerja PT Freeport Indonesia. 

Dahulu, kota ini bernama Kota Baru, tetapi pada 5 Desember 1995 diubah menjadi Kuala Kencana atau Belanga Emas oleh Presiden Soeharto. Distrik Kuala Kencana merupakan salah satu dari 18 distrik yang berada di Kabupaten Mimika, dan merupakan pemekaran dari Distrik Mimika Baru.

Distrik Kuala Kencana dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 12 Tahun 2011. Distrik Kuala Kencana terdiri dari 2 kelurahan dan 8 kampung. Beberapa di antaranya yaitu Kelurahan Kuala Kencana, Kampung Iwaka, Kampung Naena Muktipura, Kampung Karang Senang, Kampung Mulia Kencana, Kampung Utikina Baru, dan Kampung Bhintuka.

Kuala Kencana merupakan wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Mimika yang terletak di areal perkotaan, yang dulunya merupakan satuan pemukiman transmigrasi, saat Timika masih dibawah pemerintahan Kabupaten Fakfak. 

Adapun Distrik Kuala Kencana berbatasan dengan beberapa wilayah. Sebelah utara bebatasan dengan Kabupaten Deiyai, sebelah selatan Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama, dan  Distrik Mimika Baru. Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Distrik Mimika Baru, serta sebelah timur berbatasan dengan Distrik Mimika Barat. 

Ini fasilitas lengkap dari daerah Kuala Kencana

Papua Barat
ilustrasi Papua Barat (unsplash.com/Danang Himawan)

Related Topics