NEWS

Pertebal Rasa Nasionalis, Pahami Asal Usul Nama Indonesia

Miliki arti gugusan kepulauan hindia.

Pertebal Rasa Nasionalis, Pahami Asal Usul Nama Indonesiailustrasi bendera Indonesia (unsplash.com/Anggit Rizkianto)
11 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indonesia dipilih sebagai nama sebuah bangsa sejak puluhan tahun silam. Namun, banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui asal usul nama Indonesia. 

Dikutip dari berbagai sumber, kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani, yaitu indo dan nesos. Indo artinya 'India' atau 'Hindia', sedangkan nesos berarti 'Kepulauan'. Nesos mirip dengan kata nusa yang berarti 'pulau' atau 'kepulauan' dalam bahasa Melayu Austronesia.

Miliki arti gugusan kepulauan hindia

Pemandangan di sekitar Pulau Komodo.
Shutterstock/Resni Aswita

Sementara itu, orang yang pertama kali melontarkan kata 'Indonesia' adalah etnolog berkebangsaan Inggris, George Samuel Earl. Ia menyebut 'Indunesia' untuk nama gugusan pulau di Lautan Hindia.

Sejarawan Peter Carey menyebut, pada awalnya nama Indonesia diperkenalkan oleh James Richardson Logan tahun 1850 dalam Jounar of Indian Archipelago and Eastewrn Asia. Nama itu merujuk pada kepulauan jajahan Belanda yang kemudian disebut Hindia Belanda. 

Selain itu, sejarawan Didi Kwartanada menyebut ada nama George Windsor Earl dalam Karya ilmial berjudul On The Leading Characteristics of the Papuan, Australian dan Malaypolynesian Nations (1850) yang menyebut nama “Indunesia atau Malayunesia” untuk orang-orang yang tinggal di kepulauan Malayu dan Hindia Belanda. 

Peter Carey dan Didi Kwartanada juga menyebutkan tokoh lain yaitu ilmuan Jerman Adolf Bastian (1826-1905), Guru Besar Etnologi di Universitas Berlin  mempopulerkan nama Indonesia di kalangan sarjana Belanda. Bastian mempopulerkan nama Indonesia dalam bukunya berjudul Indonesien; oder, Die inseln des Malayischen archipel terbitan 1884. 

Miliki 17 ribu pulau

pulau di Papua
ilustrasi pulau di Papua (unsplash.com/Ridho Ibrahim)

Related Topics