NEWS

Aplikasi Zenly Ditutup, Apa Penyebabnya?

Ditutup pada Februari 2023 mendatang.

Aplikasi Zenly Ditutup, Apa Penyebabnya?ilustrasi Zenlyapp (dok.google play)

by Surti Risanti

06 December 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Aplikasi zenly ditutup pada Februari 2023 mendatang. Zenly menjadi salah satu aplikasi untuk melacak lokasi terfavorit bagi para pengguna. 

Melalui Zenly, Anda bisa melacak lokasi teman, kerabat, hingga pasangan. Adapun kabar akan berakhirnya aplikasi ini disampaikan langsung melalui akun media sosial @zenlyapp.

“Aku sangat menyesal, tetapi hari terakhirku bersamamu adalah tanggal 3 Februari,” tulisnya dalam akun Instagram @zenlyapp. 

Meski demikian, pihak Zenly menyarankan para penggemar untuk menggunakan aplikasi serupa, yakni Snap Map, sebuah fitur dari Snapchat yang memungkinkan Anda untuk melacak lokasi juga.

“Jika Anda senang untuk memeriksa lokasi dari teman Adan dan membagikannya, pengguna Snapchat bisa menjelajahi dengan menggunakan Snap Map”, tulisnya.

Pernyataan tersebut merupakan penegasan dari  alasan dari kabar perusahaan induk, Snap yang menaungi dari aplikasi Snapchat melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran, yakni 1,2 ribu karyawan di seluruh Indonesia.

Apa itu Zenly?

Aplikasi Zenlyilustrasi aplikasi Zenly (dok.Google Play)

Zenly adalah aplikasi peta sosial yang bisa membuat para penggunanya bisa berbagi lokasi dengan sesama pengguna. Dengan demikian, setiap pengguna bisa bertemu secara lansgung di kehidupan nyata.

Aplikasi asal perancis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Aplikasi ini tersedia di sejumlah negara, yakni di Eropa Timur, Jepang, Amerika Serikat, dan sejumlah kawasan negara di Asia Tenggara.

Sempat menantang Google

Zenly sebelum diakuisisi oleh pihak Snap bisa mendapat keuntungan hingga US$35 juta. Setelah diakuisisi, Zenly terus beroperasi dengan tim pengembang masih berlokasi di Paris.

Setelah beberapa bulan, Zenly kemudian meluncurkan beragam fitur terbaru, salah satunya kemampuan untuk mencari lokasi. Para pengguna bisa menyematkan tempat pada aplikasi, seperti di pusat kebugaran, cafe, toko, dan lain-lain.

Zenly mengaku bisa menjadi penantang Google dan Apple dengan dengan meluncurkan mesin dan data pemetaanya sendiri.

Aplikasi ini bahkan memiliki 35 juta pengguna aktif di awal tahun 2022. Dari data tersebut, Zenly setidaknya mendapatkan hampir 160 juta unduhan di iOS dan Android di awal keberadaanya. Sebanyak 3 juta di antaranya ada pada Agustus.

Selain itu, Zenly juga menjadi 20 aplikasi sosial teratas yang sering diunduh, misalnya saja di Jepang yang masuk dalam 10 aplikasi teratas. Tak jarang Zenly juga bisa melampaui aplikasi Facebook dan Whatsapp.

Selain itu, Zenly juga masuk dalam 10 aplikasi besar di Indonesia, Thailand, dan Prancis.

Related Topics