NEWS

Wajib Tahu! Ini Arti Kode Emas pada Perhiasan dan Batangan

Terkait dengan tingkat kemurnian emas.

Wajib Tahu! Ini Arti Kode Emas pada Perhiasan dan Batanganilustrasi kode emas (pexels.com/Michael Steinberg)
15 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mungkin banyak dari Anda belum mengetahui apa itu kode emas. Padahal, hal ini sangat penting untuk dipahami karena kode emas dapat membedakan emas asli atau palsu.

Logam mulia menjadi instrumen investasi yang populer di masyarakat. Selain pembeliannya yang mudah, harga emas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Beberapa logam mulia yang dipilih untuk investasi, yakni perhiasan, koin, hingga batangan.

Kepopuleran logam mulia ini membuat sejumlah oknum memanfaatkan peluang tersebut untuk menjual produk palsu. Banyak orang yang terjebak karena emas yang ditawarkan terlihat sama.

Untuk itu Anda perlu memeriksa emas tersebut, baik kondisi fisik dan sertifikatnya. Pada emas batangan, Anda juga harus melihat cap yang tertera di atasnya. Cap tersebut berisi kandungan kemurnian logam mulia tersebut.

Produsen toko aset akan membubuhi cap khusus. Biasanya berisi keterangan kadar karat atau tingkat kemurnian dari logam mulia.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui penggolongan logam mulia berdasar kode emas. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui emas asli atau palsu. Selengkapnya di bawah ini!

Apa itu kode emas?

perhiasan emas
ilustrasi perhiasan emas (pexels.com/pixabay)

Kode emas adalah kode yang terdiri dari tiga digit angka yang mengidentifikasikan kadar emas dalam emas tersebut. Melalui kode emas, Anda juga bisa mengetahui golongan emas yang dibeli.

Adapun golongan emas muda memiliki kadar di bawah 50 persen atau biasa ditulis di bawah 500. Sedangkan, golongan emas tua memiliki kadar lebih tinggi dengan kodenya di atas 500.

Kode emas muda

koin emas
ilustrasi koin emas (pexels.com/pixabay)

Related Topics