NEWS

Daftar Obat Sirop yang Dilarang BPOM, Picu Gagal Ginjal Akut?

Melebihi batas ambang aman!

Daftar Obat Sirop yang Dilarang BPOM, Picu Gagal Ginjal Akut?ilustrasi obat sirup (freepik.com/user18526052)
24 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Belakangan ini beredar daftar obat sirop yang dilarang BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Obat tersebut ditarik karena dapat mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak.

Adapun daftar obat tersebut terdiri dari obat sirop yang terbukti terkontaminasi Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas aman. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Daftar obat sirop yang dilarang BPOM

Obat sirup
ilustrasi obat sirup (unsplash.com/Cottonbro)

Pada Kamis (20/10/2022), BPOM merilis lima produk obat sirop yang dilarang dan ditarik peredarannya. Produk tersebut mengandung cemaran EG dan DEG yang berasal dari propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, serta gliserin/gliserol.

Kuat dugaan bahwa kedua zat tersebut pula yang menjadi pemicu kasus gagal ginjal akut anak misterius yang terjadi di Gambia, Afrika Barat.

Adapun ambang batas aman mengandung cemaran EG dan DEG sesuai standar baku nasional, yakni 0,5 mg per kg berat badan per hari.

Akan tetapi, setelah melakukan pengujian, ditemukan fakta baru bahwa kelima produk obat tersebut melebihi batas aman atau tidak sesuai standar yang telah ditetapkan. 

Berikut ini daftar obat sirop yang dilarang BPOM dan telah ditarik dari peredarannya, di antaranya sebagai berikut:

  • Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu) dari PT Yarindo Farmatama, nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik isi 60 ml.
  • Termorex Sirup (obat demam) dari PT Konimex, nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik isi 60 ml.
  • Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu) dari Universal Pharmaceutical Industries, nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan dus, botol plastik isi 60 ml.
  • Unibebi Demam Sirup (obat demam) dari Universal Pharmaceutical Industries, nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan dus, botol isi 60 ml.
  • Unibebi Demam Drops (obat demam) dari  Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, botol isi 15 ml.

Langkah BPOM terhadap 5 Obat Sirop

obat sirup
ilustrasi obat sirup (freepik.com/8photo)

Related Topics