NEWS

Mengenal Perdagangan Karbon: Manfaat dan Cara Kerjanya

Mengatur pengeluaran emisi karbon di seluruh dunia.

Mengenal Perdagangan Karbon: Manfaat dan Cara Kerjanyailustrasi emisi karbon (unsplash.com/Chris LeBoutillier)

by Surti Risanti

30 January 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Carbon trading atau perdagangan karbon adalah sebuah kegiatan jual beli kredit karbon. Biasanya, ini terjadi pada perusahaan yang menghasilkan emisi karbon atau gas rumah kaca lebih banyak pada proses industrinya.

Lalu, mengapa terjadi perdagangan karbon? Apa manfaat dari perdagangan karbon? Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu perdagangan karbon?

Perdagangan karbonilustrasi perdagangan karbon (unsplash.com/Marcin Jozwiak)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perdagangan karbon adalah pembelian dan penjualan kredit karbon. Dapat dikatakan, kredit karbon adalah hak perusahaan untuk mengeluarkan karbon dioksida (CO2).

Pada saat proses industri, biasanya sejumlah perusahaan akan menghasilkan emisi karbon melebihi batas yang telah ditetapkan. Melalui hal ini, perusahaan perusahaan atau entitas lain diizinkan untuk melakukan hal tersebut.

Adapun satu unit karbon sama halnya dengan penurunan 1 emisi ton karbon dioksida. Perusahaan bisa membeli kredit karbon pada proyek-proyek hijau.

Lembaga verifikasi, contohnya Verra, nantinya akan melihat kemampuan penyerapan karbon dioksida pada sebuah lahan hutan. Setelahnya, perusahaan akan menerima kredit karbon berbentuk sertifikat.

Tak hanya lembaga hijau, kredit karbon juga bisa diberikan dari perusahaan yang mengeluarkan emisi di bawah ambang batas. Perusahaan bisa menjual kredit karbon tersebut di pasar karbon.

Akan tetapi, jika emisi melebihi dari kredit tersebut, maka perusahaan harus membayar denda atau berkewajiban untuk membeli kredit di pasar karbon. Dengan begitu, setiap negara di dunia bisa mengontrol jumlah emisi karbon guna meminimalisir dampak efek rumah kaca.

Manfaat perdagangan karbon

Perdagangan karbonilustrasi perdagangan karbon (unsplash.com/Yohan Marion)