NEWS

10 Pekerjaan Paling Dicari di Indonesia, Apa Saja?

Ini deretan 10 pekerjaan paling dicari di Indonesia.

10 Pekerjaan Paling Dicari di Indonesia, Apa Saja?Shutterstock/mrmohock
10 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Apa saja jenis pekerjaan paling dicari di Indonesia? Keterampilan dan kemampuan apa saja yang perlu dikuasai untuk dapat menekuni profesi-profesi tersebut?

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) punya laporan yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut: Indonesia’s Occupational Employment Outlook (IOEO) 2020 dan Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndOTaSk) 2020.

Menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, penelitian itu meninjau pergerakan lapangan kerja dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga membuat sistem informasi pasar kerja menjadi lebih baik. “Kedua laporan juga dapat membantu kita dalam menyusun strategi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan lebih baik,” kata Suharso dalam keterangan resmi.

Di dalam IOEO terdapat proyeksi jenis pekerjaan dengan prospek cerah sampai yang redup dalam jangka pendek. Sementara itu, IndOTaSk memuat data mengenai keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan dengan prospek cerah.

1. Pekerjaan dengan Prospek Cerah

Menurut laporan IOEO, pekerjaan dengan prospek cerah terbagi menjadi tiga kategori, yakni: profesi dengan keterampilan tingkat tinggi, tingkat menengah, dan tingkat rendah. Ada berbagai jenis pekerjaan dengan prospek cerah yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.

Contohnya, manajer cabang lembaga finansial dan asuransi, engineer industri dan produksi, teknisi sipil, arsitektur bangunan, desainer grafis dan multimedia, analis finansial, pengembang program, praktisi pemasaran dan periklanan.

2. COVID Ubah Lanskap Lapangan Kerja

Di luar dua laporan itu, Suharso dalam webinar CSIS dan Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia 2045 pada awal Agustus juga sempat menyinggung tentang 10 pekerjaan paling dicari di Indonesia.

Dalam acara itu, ia mengatakan COVID-19 telah mengubah lanskap lapangan pekerjaan dunia, termasuk Indonesia. Akibat pandemi itu, teknologi digital pun semakin penting bagi perusahaan dan lembaga pemerintah.

Related Topics