Comscore Tracker
TECH

Apa itu Discord? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Gamer dapat saling komunikasi tanpa ganggu sistem bermain.

Apa itu Discord? Berikut Pengertian dan FungsinyaLogo Discord. (Pixabay/Benjamin Zocholl)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Tiga remaja laki-laki duduk pada sebuah sudut kafe sambil menatap layar telepon seluler masing-masing. Satu di antaranya tiba-tiba berteriak, “Duh, jangan lama-lamalah, serang langsung aja. Oi, suara lo nggak kedengeran? Discord lo masih mute kayaknya.”

Kedua rekannya seketika tertawa. Salah satunya berupaya menenangkan. Ketiganya terlihat terhubung dalam satu sistem komunikasi. Mereka juga sedang terlibat bersama dalam sebuah permainan online. Satu hal yang terdengar dan terngiang adalah istilah Discord.

Berdasarkan penggalan dialog dalam cerita barusan, dapat disimpulkan bahwa Discord adalah aplikasi yang mereka gunakan sebagai sarana berkomunikasi. Berikut lebih jauh mengenai Discord seperti dikutip dari laman Ubixlo.

Sekilas tentang Discord

Discord adalah platform komunikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk saling mengirim percakapan, gambar, audio, video, bahkan berbagi layar. Discord pertama kali dirilis ke publik pada Mei 2015 dan banyak dipakai oleh gaming content creator yang melakukan live streaming di komputer atau telepon genggam.

Berasal dari Amerika Serikat (AS), Discord terlahir lewat ide seorang ahli pemrograman bernama Jason Citron. Awalnya ia bermaksud membuat sebuah game. Sayangnya, produknya tak diterima pasar. Akhirnya, dia terpikir untuk menciptakan layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna tanpa menganggu performa sistem yang digunakan untuk memainkan gim.

Gagasan tersebut diwujudkan lewat dukungan sejumlah investor. Dengan berbagai fitur yang dimiliki, Discord sangat membantu para gamer untuk saling terhubung dalam pembicaraan. Aplikasi ini sangat berguna, terutama kala memainkan gim multiplayer.

Para pengguna Discord

Secara umum, fungsi Discord hampir sama dengan Skype. Jadi, bisa dikatakan bahwa Discord adalah ‘Skype’-nya komunitas para gamer. Discord didesain untuk membantu para pemain untuk berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang terpisah dari game itu sendiri. Hal ini memungkinkan para penggunanya untuk saling berkirim pesan teks dan obrolan suara tanpa mengganggu kinerja permainan.

Target pasar Discord memang remaja, yang banyak di antaranya suka bermain game. Ini sejalan dengan maksud dan tujuan Discord untuk memudahkan berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain ketika sedang di tengah permainan. Discord juga terintegrasi dengan platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube, sehingga pengguna dapat menyelaraskan Discord pada akun di platform tersebut.

Pada awalnya Discord memang diciptakan sebagai sarana komunikasi para gamers. Namun, kini, Discord mulai banyak digunakan berbagai komunitas seperti pencinta boyband Korea atau komunitas politik. Bahkan, di tengah wabah COVID-19, Discord mempunyai peran penting dalam kegiatan belajar jarak jauh.

Alasan Discord banyak dinikmati

Berikut ini adalah alasan kenapa Discord banyak diminati.

  1. Lintas platform
    Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam sejumlah game terkemuka–seperti PUBG, Mobile Legend, maupun Among Us–Discord juga terintegrasi dengan platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube.
    Discord tersedia secara inklusif untuk kebutuhan PC maupun mobile. Aplikasi ini dapat dicari di Google Play Store, App Store, laman resmi discord.com.
  2. Keamanan informasi terjamin
    Discord menjamin keamanan setiap orang yang menggunakannya karena server yang telah terenkripsi. Setiap pesan yang masuk dari alamat IP akan terjamin keamanannya. Jadi, tidak perlu khawatir informasi pribadi akan bocor di aplikasi komunikasi ini.
  3. Voice Chat yang tidak mengganggu performa permainan
    Biasanya, aktivitas permainan online akan terganggu saat aplikasi komunikasi menginterupsi. Tidak demikian dengan Discord. Aplikasi ini memiliki sistem tersendiri ketika sedang melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU, sehingga frame rate ketika bermain game tetap stabil.
  4. Komunitas yang banyak
    Discord menyediakan ruang luas bagi banyak komunitas. Sehingga, setiap pengguna Discord, dapat mencari komunitas game yang ingin dimainkan dengan mudah. Selanjutnya, para pengguna tersebut dapat bergabung ke komunitas tadi.
  5. Punya jutaan pengguna
    Discord punya pengguna aktif yang cukup banyak dibandingkan aplikasi serupa. Tercatat, pada 2019 pengguna Discord 56 juta dan mengalami kenaikan signifikan hingga 100 juta pengguna pada 2020. Jumlah ini terus meningkat dan menunjukkan bahwa Discord sangat populer di kalangan komunitas gamer.

Cara mengawali penggunaan Discord

Aplikasi Discord tersedia untuk PC maupun Mobile. Secara umum, proses penggunaannya serupa, namun terdapat beberapa perbedaan di fitur layanannya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan saat mulai menggunakan Discord.

  1. Unduh aplikasi Discord di Google Play Store, App Store, maupun situs resmi discord.com.
  2. Buka aplikasi Discord dan mulai membuat akun dengan menekan tombol register. Bila sudah punya akun, dapat langsung masuk ke aplikasi dengan klik tombol login.
  3. Setelah masuk, klik symbol “+” untuk bergabung dengan server yang sudah ada (join server) atau membuat server baru (create server). Server adalah istilah dalam Discord untuk ruangan bertemu virtual. Khusus untuk Discord versi PC, terdapat beberapa template server yang bisa digunakan, seperti Gaming, Study Group, Friend, Community, dan lainnya.
  4. Setelah server berhasil dibuat, tampilan utama pada laman Discord adalah daftar teman dan saluran yang tersedia. Pengguna Discord pun dapat memulai komunikasi.
  5. Untuk menggunakan fitur voice chat atau panggilan, klik menu ‘tiga garis horizontal’ yang ada di kiri atas. Lalu, klik menu General yang ada di bawah bagian voice channel. Kemudian, lanjutkan dengan klik tombol Join Voice.
  6. Jika ingin menambahkan teman, klik ikon “+”. Kemudian, jika ingin mengakhiri percakapan, cukup tekan tombol “x”.
  7. Untuk mengirimkan undangan gabung, klik Invite People, lalu akan muncul kotak laman kecil, klik copy untuk menyalin tautan Discord. Undangan pun dapat dikirimkan dalam bentuk tempelan tautan kepada teman yang dituju.

Related Articles