Comscore Tracker
TECH

Pengertian Metaverse dan Hubungannya dengan Kripto

Metaverse berhubungan dengan dunia nyata?

Pengertian Metaverse dan Hubungannya dengan KriptoIlustrasi Metaverse/ Shuterstock Poptika

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE - Istilah metaverse mungkin kini telah banyak dibahas oleh para pengguna internet ataupun pemain kripto. Apalagi, Facebook yang kini berubah nama menjadi Meta berencana mengadopsi konsep metaverse.

Lantas sudah tahu kah kamu apa itu pengertian Metaverse dan apa fungsinya? Oleh karena itu, berikut rangkuman penjelasan tentang metaverse:

Apa Itu Metaverse?

Berdasarkan Coinmarketcap, metaverse adalah ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia. Bahkan, metaverse juga berhubungan langsung antara interaksi manusia maupun fungsi ekonomi.

Sementara itu, dalam etimologis sendiri metaverse berasal dari kata 'meta' yang memiliki arti 'melampaui' dan 'verse' yang berarti 'alam semesta'. Jadi metaverse bisa diartikan sebagai sebuah ruang yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini.

Dengan demikian, dapat disimpulkan metaverse ialah ruang virtual yang membuat kita bisa berinteraksi satu dengan lain layaknya di dunia nyata.

Metaverse Berhubungan Dengan Dunia Nyata?

Pengalaman metaverse sebenarnya pernah kita rasakan salah satunya melalui dunia game online seperti Minecraft, Roblox, atau The Sims. Hal tersebut memberi bukti bahwa metaverse bukan merupakan sebuah hal baru, hanya belum diperhatikan.

Melalui metaverse, teknologi menghubungkan dunia virtual dengan dunia nyata melalui digitalisasi atau tautan koordinat grafis yang sebenarnya. Jadi dapat dikatakan metaverse menjadi jembatan dunia virtual dan dunia nyata.

Metaverse sendiri dapat dikenali dengan beberapa karakteristik dasar di antaranya ialah karakter persisten yakni metaverse akan terus berjalan tanpa pernah mengalami jeda dan tidak akan pernah berakhir.

Selain itu, metaverse memiliki karakterisrik real-time atau didesain secara real-time. Dengan demikian, waktu jam dan tanggal metaverse disamakan dengan dunia nyata.

Karakteriatik terakhir ialah memiliki fungsi ekonomi. Di mana pada ruang metaverse berfungsi secara penuh aktivitas jual beli. Selain itu, transaksi produk dan layanan dilakukan dengan mata uang asli berbasis blockchain.

Metaverse di Kripto

Luasnya bisnis kripto juga membuat para pegembang memanfaatkan metaverse sebagai peluang bisnis. Dilansir detik com, Arthur Madrid selaku CEO dan salah satu pendiri The Sandbox juga mengatakan bahwa teknologi blockchain dan cryptocurrency akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan metaverse di masa depan.

Dengan begitu, berikut beberapa jenis kripto yang juga memiliki metaverse. Di antaranya Axie Infinity (AXS), Decentraland (MANA), The Sandbox (SAND), THETA (THETA) hingga
Enjin Coin (ENJ) dan Sushiwap (SUSHI). Itulah pengertian Metaverse. Semoga membantu.

Related Articles