NEWS

8 Jenis Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Ketahui jenis-jenisnya

8 Jenis Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesiailustrasi bencana alam (unsplash/marc szeglat)
07 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat jenis-jenis Bencana Alam yang sering terjadi di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bencana alam, mulai dari peristiwa alam hingga perilaku manusia yang merusak alam.

Beberapa diantara bencana yang terjadi, ada beberapa jenis yang kerap terjadi di wilayah Indonesia dan menyebabkan kerugian. Dilansir bnpb.go.id, jumlah kejadian bencana tercatat ada sebanyak 5.400 per 31 Desember 2023.

Lantas, apa saja bencana alam yang sering terjadi di Indonesia? Simak daftar bencana alam yang ada di bawah ini.

1. Banjir

Salah satu jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah banjir. Bencana ini kerap terjadi di beberapa kota besar, seperti Sumatera Utara, Jawa Barat, Jakarta, hingga Semarang. Bahkan, Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) mencatat total ada 1.255 bencana banjir yang terjadi di tahun 2023.

Banjir biasanya terjadi ketika musim hujan terjadi, terutama volume hujan deras yang terjadi dalam waktu yang lama. Wilayah yang memiliki daerah resapan yang kurang menyebabkan genangan air sehingga akses dan aktivitas masyarakat terhambat.

Selain terjadi karena fenomena alam, banjir juga banyak disebabkan oleh perilaku manusia. Membuang sampah sembarangan di aliran air hingga penebangan liar menjadi faktor penyebab banjir kerap terjadi.

2. Gempa bumi

Secara geografis, Indonesia berada di daerah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Artinya, Indonesia termasuk daerah rawan dilanda bencana gempa bumi. Mulai dari guncangan dengan skala kecil hingga besar.

Di tahun 2023, gempa bumi diketahui terjadi sebanyak 31 kasus di beberapa daerah di Indonesia. Baru-baru ini saja, gempa bumi sempat terjadi di Garut, Jawa Barat. Diketahui gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengakibatkan sejumlah rumah dan bangunan hancur.  

Selain dipengaruhi lokasi geografis, gempa bumi kerap disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik dan aktivitas gunung berapi di Indonesia. Gempa bumi juga bisa menyebabkan bencana alam lain yang perlu diwaspadai, seperti tsunami hingga tanah longsor.

Related Topics