Blibli Kumpulkan 23.253 Bekas Kemasan Kosmetik di Jakarta X Beauty

Kegiatan ini bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi.

Blibli Kumpulkan 23.253 Bekas Kemasan Kosmetik di Jakarta X Beauty
Yolanda Nainggolan, VP Public Relations Blibli. (Blibli)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Blibli mencatat kenaikan jumlah sampah kosmetik pada pameran kecantikan Jakarta X Beauty 2022, 28-31 Juli 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Jumlah ini meningkat 65 persen dibandingkan jumlah sampah kosmetik pada pelaksanaan perhelatan yang sama di Surabaya, pada bulan Maret.

Vice President Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan mengatakan Blibli berhasil mengumpukan 23.253 bekas kemasan produk kecantikan, serta 4.895 kardus kemasan melalui lima drop box yang tersebar di berbagai sudut area pameran.

Sampah kosmetik ini akan diolah kembali dalam sistem daur ulang, untuk menjadi barang baru (upcycle), bersama rekanan Blibli. Hal ini juga terkait dengan program pemberdayaan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi.

“Kami percaya dengan konsisten melakukan gerakan lebih peduli terhadap lingkungan ini maka akan semakin banyak pelanggan, partner kami serta masyarakat yang tergerak untuk mendukung dan menerapkan gaya hidup yang eco-conscious,” ujar Yolanda dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (5/8).

Bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi

Ilustrasi situs Blibli. (Shutterstock/Monticello)

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi yang digaungkan platform e-commerce tersebut. “Blibli juga akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk memperluas dampak positifnya kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya

Ke depannya, kata Yolanda, Blibli akan terus mengedukasi dan mengajak para pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk berkontribusi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sekaligus menghadirkan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan.

Sepanjang tahun ini, lewat gerakan Blibli Cinta Bumi, Blibli aktif melakukan pengumpulan sampah lewat Surabaya X Beauty dan Java Jazz Festival 2022. “Blibli Cinta Bumi turut memberi dampak baik pada kebiasaan daur ulang, yang mengiringi perilaku konsumsi ramah lingkungan para pelanggan,” ujarnya.

Pengumpulan kardus bekas kemasan

Drop box sampah kosmetik yang disebar oleh Blibli. (Blibli)

Blibli Cinta Bumi juga mengispirasi para pelanggannya untuk hidup eco-conscious dengan menyediakan collection boxes yang tersebar di berbagai lokasi di wilayah Jabodetabek.

Kemudian, kurir Blibli Express Service (BES) akan menjadi agen pengumpul kardus bekas packaging tersebut saat mengantar produk pesanan ke konsumen. Kardus bekas kemasan selanjutnya akan diolah kembali sebagai pengganti bubble wrap.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar