BUSINESS

6 Tips Membangun Bisnis Coffee Shop di Tahun 2024

Bisnis kopi tetap jadi tren di tahun 2024.

6 Tips Membangun Bisnis Coffee Shop di Tahun 2024ilustrasi Coffee shop (unsplash.com/Tyler Nix)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

17 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bisnis di dunia kopi diperkirakan akan terus berkembang dan berpotensi menjadi salah satu bisnis yang dipilih oleh masyarakat tahun ini, baik dalam skala besar maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti bisnis coffee shop.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, mengatakan bahwa kopi menjadi salah satu komoditas yang masih akan jadi primadona ekspor non migas Indonesia di 2024. “Iya, memang sekarang kan kopi sudah juga. Rasanya itu aja ya, yang produk-produk kehutanan juga,” ujarnya (5/1).

Business Developer Berto Coffee Roaster, Marcel Patilaya, menyebut industri kopi adalah salah satu tren bisnis yang akan berjaya di 2024. "Tren menyangrai kopi terus bertransformasi. Sejak 2018 lalu, kami mengembangkan inovasi mesin sangria kopi dengan memanfaatkan teknologi digital dan otomasi untuk dapat menjawab tantangan industri kopi,” katanya, pada akhir 2023 lalu.

Melihat potensi bisnis kopi yang semakin berkembang, Otten Coffee mengungkapkan coffee shop adalah sebuah lahan bisnis menjanjikan. Berikut beberapa tips  membuka kedai kopi tahun ini dari Otten Coffee. 

1. Buat rencana bisnis yang matang

Menurut Otten Coffee, business plan yang dimaksud adalah seperti apa model gerai kopi yang ingin Anda dirikan, bagaimana coffee shop ini mendatangkan keuntungan, konsumen seperti apa yang menjadi sasaran. Berikutnya, bagaimana mempelajari para kompetitor, merencanakan perkembangannya di masa depan, serta memelajari pemecahan masalah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Keberadaan sebuah business plan sangat penting dan dibutuhkan saat Anda memulai bisnis ini. Perlu diingat, persiapan yang matang akan sangat menentukan perjalanan bisnis Anda, karena tanpa rencana, sebuah gerai mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

2. Tentukan konsep yang otentik

Dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi di tengah masyarakat, konsep adalah sebuah kunci untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada. Oleh karena itu, sebelum memulai buka coffee shop, Anda juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop.

Jika konsep telah terbentuk, Anda akan lebih mudah membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak. Sebuah coffee shop tentu harus memiliki keunggulang, baik dari segi kenyamanan, maupun desain interior yang menarik.

Tak hanya tampilan fisik, sebagai bisnis minuman dan makanan, Anda harus bisa menghadirkan juga menu-menu yang unik dan menarik bagi para pelanggan. Tak perlu bingung, saat ini Anda bisa mulai menentukan menu yang dihadirkan dengan melakukan riset di internet.