BUSINESS

Faktor Penyebab Terjadinya PHK di Startup

Perlu disadari sebagai antisipasi agar PHK tidak terjadi.

Faktor Penyebab Terjadinya PHK di Startupilustrasi PHK (unsplash.com/Christian Erfurt)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Belum lama ini startup finansial, Pluang, mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 10 persen karyawannya di tiga negara tempat mereka beroperasi, yakni Indonesia, singapura, dan India.

Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas, mengatakan bahwa penyebab PHK ini adalah situasi makroekonomi yang dinilai tidak menentu, termasuk inflasi dan menurunnya daya beli. “Kami memastikan bahwa para karyawan terdampak mendapatkan kompensasi adil dan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan,” katanya dalam keterangan, Jumat (18/8).

Ada banyak faktor yang menyebabkan perusahaan startup mengalami  PHK, bahkan tak jarang menghentikan seluruh operasinya. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa faktor yang menyebabkan PHK di startup mengutip dari duniafintech.com.

Sumber daya keuangan mulai terbatas

Perusahaan startup banyak yang mengandalkan pendanaan eksternal untuk berkembang. Hal ini sering kali menjadi penyebab maslah keuangan, terutama saat startup kesulitan dalam mendapatkan pendanaan lebih lanjut disertai pendapatan yang lebih rendah dari yang diharapkan

Maka, Salah satu solusi yang dipilih biasanya adalah pemangkasan biaya, termasuk PHK.

Strategi bisnis yang berubah

Startup biasanya belum memiliki satu pola bisnis yang permanen, mereka masih sering berevolusi dan menyesuaikan strategi bisnisnya sesuai dengan perubahan pasar dan peluang baru.

Hal ini bisa mengakibatkan restrukturisasi yang mengharuskan PHK dalam divisi atau posisi yang tidak lagi sesuai dengan arah baru perusahaan.

Related Topics