BUSINESS

5 Tips Jualan Online Lewat Live Shopping di Tokopedia PLAY

Live Shopping di Tokopedia PLAY untuk menaikkan penjualan.

5 Tips Jualan Online Lewat Live Shopping di Tokopedia PLAYIlustrasi Live Shopping di Tokopedia/Dok. Tokopedia

by Desy Yuliastuti

03 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Berbelanja lewat live shopping di Tokopedia PLAY menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan bagi masyarakat. Era social commerce ini  pun menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, sebab kini masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atau sebaliknya.

“Tokopedia membuat berbagai inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce, salah satunya kanal live streaming Tokopedia PLAY, yang telah hadir sejak tahun 2018,” ujar Nirmala Hapsari, Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Rabu (3/8).

Menurutnya, Tokopedia Play memberikan nilai tambah bagi strategi pemasaran digital para penjual. Penjual juga dapat berkolaborasi dengan kreator konten untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Untuk mendongkrak penjualan dan meraih peluang baru, Tokopedia membagikan tips jualan online lewat live shopping di Tokopedia PLAY.
 

Live shopping di Tokopedia Play menaikkan transaksi lebih dari 7 kali lipat

Pemanfaatan Tokopedia Play juga turut berperan pada pertumbuhan bisnis pelaku usaha di Indonesia. Selama semester I 2023, kenaikan rata-rata jumlah transaksi penjual setelah menggunakan Tokopedia Play secara keseluruhan naik lebih dari 7 kali lipat dibandingkan semester I 2022.

Adanya kenaikan jumlah transaksi itu merupakan rata-rata sepanjang semester I 2023, terlepas ada atau tidaknya high season.  Dengan kata lain, jumlah transaksi penjual yang menggunakan Tokopedia Play memang konsisten naik sangat tinggi sepanjang periode.

Sejumlah penjual bahkan mengalami rata-rata kenaikan transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat selama semester I 2023 setelah memanfaatkan Tokopedia Play dibandingkan semester I 2022.

Tokopedia juga mencatat Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Sidoarjo menjadi beberapa daerah dengan jumlah tertinggi penonton Tokopedia PLAY selama semester I 2023.

Nirmala pun membagi lima tips agar pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, bisa mendongkrak penjualan online lewat live shopping di Tokopedia PLAY.

1. Persiapkan alat yang memadai dan tempat khusus live shopping

Agar live shopping terlihat lebih profesional, pelaku usaha dapat mempersiapkan peralatan streaming seperti handphone, tripod, dan clip-on microphone. Gunakan juga latar belakang yang polos dan bersih serta pencahayaan yang terang agar wajah dan produk penjual terlihat jelas. Jika perlu, pelaku usaha bisa menggunakan ring light untuk meningkatkan kualitas gambar.

“Tokopedia menyediakan beragam jenis peralatan yang bisa menunjang kegiatan live shopping lewat kampanye Tokopedia Tekno. Masyarakat juga bisa menikmati diskon hingga 90 persen agar lebih efisien,” kata Nirmala.