BUSINESS

Kolaborasi Tak Biasa Sasa X Dear Me Beauty, Gaet Milenial dan Gen Z

Kolaborasi ‘out of the box' ciptakan tampilan identitas baru

Kolaborasi Tak Biasa Sasa X Dear Me Beauty, Gaet Milenial dan Gen ZIlustrasi MSG. Shutterstock/suriya yapin

by Desy Yuliastuti

20 September 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Siapa tak kenal Sasa? Merek bumbu dapur yang identik dengan ibu-ibu ini menggandeng brand lain untuk bisa menyasar segmen milenial dan Gen Z. Senior Brand and Corporate Communication Manager PT Sasa IntiAldina Bahri, mengatakan kolaborasi menjadi upaya peremajaan merek (brand rejuvenation) yang dilakukan oleh Sasa sejak tahun 2019. 

“Sebagai wujud peremajaan ini, Sasa menggandeng berbagai brand yang sudah memiliki segmentasi pasar muda untuk berkolaborasi. Salah satu yang dilakukan adalah kolaborasi dengan produk kosmetik lokal ‘Dear Me Beauty’,” katanya dalam Indonesia Brand Forum (IBF) Conference 2022, Selasa (20/9).

Kolaborasi Sasa dengan Dear Me Beauty ini menghasilkan produk kosmetik – lipstick dan eyeshadow palette, dengan tampilan identitas baru yang tidak menghilangkan identitas kemasan Sasa yang terbilang sudah remarkable. Di sisi lain juga harus menekankan bahwa kolaborasi yang terbilang ‘out of the box’ ini bukan berarti membuat produk kosmetik kolaborasi ini mengandung ‘micin’ yang identik dengan Sasa.

Memperluas segmentasi pasar

descriptionDok. Sasa

Aldina menambahkan, kolaborasi ini terbilang sukses mendorong Sasa memperluas segmentasi pasarnya yang sebelumnya sangat melekat pada kelompok ibu-ibu. Saat ini Millennial dan Gen Z sebagaian pun sadar akan eksistensi SASA. “Yang terpenting bukan hanya sebagai produk bumbu dapur, tapi perlahan juga beralih sebagai brand lifestyle bagi mereka,” ujarnya, 

Hasil kolaborasi ini pun secara numerical currency dapat dikatakan cukup berhasil, baik bagi Sasa maupun Dear Me Beauty. Sejauh ini sudah dilakukan produksi ulang produk kolaborasi ini sebanyak tiga kali dengan produk lipstick saja terjual kurang lebih 4000 pcs. Dampak yang tidak terduga berupa viralitas di media sosial seolah menjadi bonus yang menunjukkan antusiasme dan kreativitas kolaborasi yang terjadi antara Sasa dan Dear Me Beauty.

Tidak hanya tujuan memperluas market size, kolaborasi antara Sasa dan Dear Me Beauty ini juga ditujukan untuk memperkuat spirit yang beririsan antara mereka yang merupakan produk lokal. Kolaborasi ini seperti menggelorakan “local spirit together” sehingga produk kosmetik lokal Dear Me Beauty dan Sasa sebagai brand legendaris.

Lebih dari strategi promosi

Dok. Sasa