Comscore Tracker
BUSINESS

Octopus dan Menara Astra Hadirkan Solusi Daur Ulang Sampah

Octopoint Mini jadi solusi mengurangi sampah plastik.

Octopus dan Menara Astra Hadirkan Solusi Daur Ulang SampahOctopoint Mini di Menara Astra/Dok. Octopus

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Octopus, perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi daur ulang mengumumkan peresmian kerja sama dengan Menara Astra pada Senin, 19 September 2022. Kerja sama ini diwujudkan dengan dibukanya Octopoint Mini di Menara Astra.

Chief Executive Officer Octopus Moehammad Ichsan, menyampaikan antusiasmenya atas kerja sama ini. Dalam hal ini, Octopus akan turut serta untuk mendukung dan mendorong kebiasaan baik daur sampah ulang di dalam lingkungan Menara Astra. Selain itu, perusahaan juga akan makin memperluas jaringan dan jangkauan pengguna, salah satunya di Menara Astra.

Hadirnya Octopoint Mini menjadi upaya untuk mengajak masyarakat bertransformasi dalam sistem pengelolaan sampah berbasis ekonomi sirkular melalui ekosistem dan teknologi. “Kami harap, dengan adanya Octopoint Mini ini akan semakin mempermudah para penyewa, karyawan, dan penghuni dalam memilah, mengumpulkan, dan mengelola sampah setelah dikonsumsi,” kata Ichsan.

Misi keberlanjutan dan peduli lingkungan

Presiden Direktur Astra Property, Djap Tet Fa menyampaikan pihaknya ingin mengurangi pembuangan sampah dari Menara Astra menuju tempat pembuangan akhir serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian di lingkungan tersebut dan sekitarnya. 

Jadi, para pengguna gedung, karyawan, dan penyewa dapat mengumpulkan sampah di Octopoint Mini. Nantinya, mereka dapat menukarnya dengan poin yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Menurutnya, untuk menjalankan sustainability initiatives memerlukan komitmen dan konsistensi dari berbagai pihak. Tidak hanya tim pengelola gedung Menara Astra saja, tapi juga semua stakeholders yang terlibat. “Dimulai dari sekarang, dari diri sendiri, dan sesederhana mungkin, namun dilakukan bersama-sama akan menciptakan dampak positif yang lebih besar,” ujar Djap Tet Fa.

Octopoint Mini berbahan ramah lingkungan

Octopoint Mini dari Octopus yang dibangun di Menara Astra ini dirancang dan dibangun oleh Plana dengan menggunakan bahan ramah lingkungan. Bahan yang bernama Planawood ini terdiri dari 30 persen plastik daur ulang dan 70 persen gabah padi. Bahan ini sepenuhnya merupakan hasil daur ulang, dan dapat didaur ulang kembali.

Co-Founder Plana, Juan A. Chandra mengatakan kolaborasi ini memberi ruang bagi Octopus dan Plana untuk memperkenalkan nilai keberlanjutan dengan mendaur ulang sampah plastik, menyelamatkan lebih banyak pohon, dan bonus memberikan kesejahteraan bagi petani di Indonesia. "Kami percaya, Octopus dan Plana bisa menciptakan mahakarya yang berdampak baik bagi Indonesia," katanya.

Kemitraan ini adalah permulaan kolaborasi strategis Octopus dengan Astra Property. Harapannya Octopus juga dapat mengelola sampah di projek Astra Property lainnya seperti Menara FIF, Arumaya Residences, serta Asya.

Related Articles