Comscore Tracker
BUSINESS

Sukses dari Melawak, Ini 10 Komedian Terkaya di Dunia

Daftar konglomerat yang beroleh kekayaan dari melawak.

Sukses dari Melawak, Ini 10 Komedian Terkaya di DuniaShutterstock/Durantelallera

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Menjadi komedian bukan perkara mudah. Profesi ini menuntut para pelakunya untuk dapat menghibur orang lain dalam kondisi apapun. Ketika kamera menyala, ia harus siap membuat penonton tertawa. Bahkan jika si penghibur itu tengah dirundung berbagai persoalan. 

Coki Pardede, pelawak tunggal (stand-up comedian) yang baru-baru ini terjerat kasus penyalahgunaan narkoba, adalah contoh tegas bahwa menjadi komedian bukan berarti jauh dari kesuraman. Tapi jika Anda meniti karier di jalan ini dan berhasil, Anda bukan hanya membuat banyak orang senang tapi juga beroleh kekayaan.

Dilansir dari Wealthy Gorila, berikut adalah daftar konglomerat yang beroleh kekayaan jutaan dolar dari membuat orang lain terkekeh:

1. Jerry Seinfeld

Jerome Alan Seinfeld atau dikenal sebagai Jerry Seinfeld adalah pelawak Amerika Serikat yang dijuluki "Raja Komedi". Di usianya yang ke-64 saat ini, ia menjadi komedian paling tajir di dunia dengan harta kekayaan bersih mencapai US$950 juta.

Seinfeld bersama dengan Larry David menciptakan serial televisi 'Seinfeld' yang telah meraih sukses besar sejak pertama kali ditayangkan di TV. Dia telah membintangi beberapa pertunjukan sejak itu, termasuk pula 'Frankie on Benson' dan 'The Tonight Show'.

2. Matt Stone

Matt Stone adalah animator, pengisi suara, dan komedian Amerika yang paling dikenal karena ikut menciptakan kartun kontroversial dan satir 'South Park'. Acara ini dengan cepat menjadi salah satu acara paling populer di Comedy Central.

Stone menduduki peringkat ke-2 komedian terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sekitar US$700 juta. Ia juga telah menerima berbagai penghargaan sepanjang kariernya, termasuk lima Primetime Emmy Award untuk South Park, serta tiga Tony Awards dan satu Grammy Award untuk drama musikal yang ditulisnya, The Book of Mormon.

3. Matt Groening

Matt Groening adalah seorang komedian dan animator yang menciptakan serial populer di seluruh dunia 'The Simpsons'. Kesuksesannya yang luar biasa telah membawanya menjadi komedian terkaya ke-3 di dunia. Pada 2021, kekayaan bersih Matt Groening mencapai US$600 juta.

4. Trey Parker

Randolph Severn "Trey" Parker adalah seorang komedian, pengisi suara, sutradara, dan produser asal Amerika. Ia juga beken sebagai salah satu pencipta 'South Park' bersama sahabatnya Matt Stone. Parker telah memenangkan empat Emmy Awards dan satu Grammy Award untuk karyanya. Hari ini kekayaan bersih Trey Parker adalah sekitar US$600 Juta.

5.Ellen DeGeneres

Anda mungkin tahu Ellen Lee DeGeneres sebagai seorang host acara talk show ternama The Ellen Show. Tapi selain pembawa acara televisi, ia juga dikenal sebagai komedian, aktris, dan penulis Amerika. Pada tahun 2021, kekayaan bersih Ellen Degeneres adalah $500 juta.

6. Jay Leno

James Douglas Muir "Jay" Leno adalah pembawa acara televisi dan komedian terkenal yang telah bekerja dengan beberapa bintang populer di dunia.

Namanya kesohor karena karyanya dari 'The Tonight Show with Jay Leno' di NBC yang telah menarik penonton lebih dari 4 juta orang. Acara itu menjadikan Leno salah satu host TV paling populer di Amerika. Hari ini kekayaan bersih Jay Leno diperkirakan mencapai US$450 Juta, menjadikannya komedian terkaya ke-6 di dunia.

7. Byron Allen

Byron Allen Folks adalah seorang komedian Amerika, produser televisi, dan pendiri, pemilik, dan CEO dari perusahaan produksi televisi Entertainment Studios, yang berbasis di Amerika Serikat. Ia juga seorang stand-up komedian kondangan yang mengawali karirnya di Los Angeles, California. Saat ini, Allen memiliki kekayaan US$450 juta, menjadikannya komedian terkaya ke-7 di dunia.

8. Adam Sandler

Adam Richard Sandler adalah komedian sekaligus aktor yang banyak dari filmnya populer baik di Amerika Serikat maupun di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah 50 First Dates, Click, Bad Time Stories, hingga Grown Ups.

Pada 2021, kekayaan bersih Adam Sandler diperkirakan mencapai US$420 juta.

9. Bill Cosby

Bill Cosby adalah penulis, komedian, dan aktor Amerika. Cosby lebih dikenal dengan karyanya 'Cosby Kids', 'The Cosby Show' dan 'The Bill Cosby Show'. Dia telah memenangkan beberapa penghargaan untuk penampilannya yang luar biasa dalam film dan acara televisi. Tahun ini, kekayaan bersih Bill Cosby mencapai US$400 juta.

10. David Letterman

David Letterman adalah pembawa acara, komedian, penulis, dan produser televisi Amerika. Letterman menjadi pembawa acara berbagai acara bincang-bincang TV larut malam sepanjang karier 33 tahun yang panjang.

Hari ini, kekayaan David Letterman bernilai US$400 juta dan menjadikannya salah satu komedian terkaya dunia.

Related Articles