BUSINESS

10 Tips Investasi Jam Tangan Mewah Agar Untung Berlimpah!

Investasi barang tidak hanya emas, jam tangan juga bisa

10 Tips Investasi Jam Tangan Mewah Agar Untung Berlimpah!Koleksi jam tangan Breitling (Unsplash/@jonas3344)

by Muhammad Jordy Prayoga

28 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menjadikan Jam Tangan sebagai instrumen investasi bisa memberikan Anda banyak keuntungan.

Jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga bisa menjadi instrumen investasi yang menguntungkan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, harga jam tangan mewah terus meningkat pesat. Hal ini menjadikan investasi jam tangan sebagai peluang yang menarik untuk mendapatkan keuntungan besar.

Jika Anda tertarik memulainya, ada beberapa Tips Investasi jam tangan yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan keuntungan besar. Simak artikel ini hingga akhir!

Tips Investasi Jam Tangan Mewah

Berbagai varian warna jam tangan Rolex (Wikimedia Commons)

1. Pelajari pasar jam tangan

Pasar jam tangan adalah industri yang telah ada selama sejak lama. Industri ini terus berkembang dan meningkat tak ubahnya tren fashion dan teknologi.

Selama ini, terdapat berbagai merek memiliki sejarah panjang dan reputasi yang baik, dan biasanya memiliki nilai yang tinggi dan dapat menjadi investasi yang menguntungkan.

Beberapa model jam tangan yang sedang tren saat ini adalah jam tangan klasik, jam tangan sporty, dan jam tangan edisi terbatas.

Dengan mempelajari tren dan perkembangan pasar jam tangan, Anda bisa menghindari salah beli jam tangan yang kurang memiliki value untuk dijadikan instrumen investasi.

2. Memilih merek jam tangan populer

Tips investasi jam tangan yang kedua adalah memilih produk-produk dari brand yang populer.

Dengan demikian, pilihan jam tangan menjadi lebih mengerucut dan spesifik hanya beberapa brand saja.

Selain memudahkan dalam pemilihan, memilih brand yang populer tentunya akan berpengaruh terhadap nilai jual atau beli jam tangan tersebut.

Adapun beberapa merek jam tangan terkenal di dunia, seperti Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet, dan Cartier yang bisa Anda pilih. 

3. Pilih material jam tangan berkualitas

Material jam tangan adalah salah satu faktor yang paling penting yang menentukan nilainya. 

Jam tangan dengan material berkualitas tinggi, seperti stainless steel atau emas, biasanya memiliki nilai lebih tinggi daripada jam tangan dengan material berkualitas rendah, seperti plastik atau resin.

Stainless steel adalah material yang paling umum digunakan untuk jam tangan mewah dengan karakter yang kuat dan tahan lama, serta tidak mudah berkarat.

Sementara itu, emas adalah material yang sangat berharga untuk sebuah jam tangan karena memiliki daya tahan yang baik, elegan, dan memiliki daya tarik kolektor yang kuat. 

4. Memilih jam tangan yang langka

Jam tangan yang diproduksi dalam jumlah terbatas atau memiliki edisi terbatas cenderung memiliki nilai lebih tinggi daripada jam tangan yang diproduksi dalam jumlah besar.

Pasalnya, jam tangan yang langka biasanya lebih sulit untuk didapatkan. Selain itu, jam tangan yang langka biasanya memiliki daya tarik yang lebih tinggi karena eksklusif.

Beberapa contoh jam tangan yang terbilang sangat langka adalah Patek Philippe Nautilus Ref. 5711/1A-010, Rolex Daytona Paul Newman, atau Audemars Piguet Royal Oak Offshore 50th Anniversary.

5. Cari jam tangan hasil kolaborasi

Tips investasi yang tangan yang kelima adalah mencari model jam yang merupakan hasil kolaborasi.

Sebab, jam tangan yang diproduksi dari hasil kolaborasi biasanya memiliki desain dan bahan yang berbeda dari model lainnya.

Tidak cuma itu, jam tangan kolaborasi umumnya juga hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Hal ini pun membuat nilai jam tangan hasil kolaborasi menjadi sangat tinggi karena tidak pasaran.

6. Simpan jam tangan dengan baik

Karena jam tangan adalah aset berharga yang membutuhkan perawatan yang baik, Anda perlu menyimpannya dengan baik pula agar dapat mempertahankan nilainya.

Gunakan tempat khusus (kotak jam tangan) untuk menjaganya dari benturan, goresan, atau hal-hal yang dapat merusak jam tangan.

Selain itu, selalu bersihkan jam tangan secara rutin agar kondisinya tetap terjaga.

7. Memanfaatkan Relasi

Tips investasi jam tangan yang ketujuh adalah memanfaatkan relasi. Dengan memiliki relasi yang baik dengan penjual, kolektor, atau dealer jam tangan, Anda dapat mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan informasi eksklusif, mendapatkan harga terbaik, serta menjual jam tangan dengan lebih cepat dan mudah.

8. Carilah jam tangan yang unik

Jam tangan ini biasanya memiliki desain yang unik dan menarik, yang membuatnya lebih menonjol dari jam tangan lainnya.

Biasanya, jam semacam ini dirancang oleh seorang desainer terkenal atau diproduksi dalam jumlah terbatas. 

Karena berbeda dari yang lainnya, biasanya jam tangan ini akan lebih sulit ditemukan, yang pada akhirnya akan memengaruhi harganya.

9. Ikut komunitas kolektor

Tips investasi jam tangan yang selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas kolektor.

Cara ini bagus untuk belajar lebih banyak tentang jam tangan, dan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. 

Dengan bergabung komunitas, Anda dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan relasi dalam dunia jam tangan.

10. Diversifikasi portofolio jam tangan

Diversifikasi portofolio jam tangan adalah strategi yang dapat membantu Anda mengurangi risiko investasi. 

Dengan memiliki beberapa jenis jam tangan dari berbagai merek, Anda akan memiliki portofolio yang lebih beragam. 

Hal ini dapat membantu Anda mengurangi risiko penurunan nilai jika satu merek atau model jam tangan mengalami penurunan harga.

Demikianlah sepuluh tips investasi jam tangan yang bisa Anda praktikkan mulai dari sekarang. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu mendatangkan keuntungan. Selamat berinvestasi!