BUSINESS

ROI (Return on Investment): Penjelasan Lengkap dan Cara Menghitungnya

Ketahui semua agar bisnis dapat berjalan dengan baik

ROI (Return on Investment): Penjelasan Lengkap dan Cara Menghitungnyailustrasi membahas ROI (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)
06 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

ROI atau Return On Investment adalah salah satu indikator penting bagi investor sebelum mengambil keputusan di perusahaan mana yang akan ditanami modal. Penghitungan ROI dinilai penting karena setiap investasi tentu memiliki potensi untung dan rugi. Untuk meminimalisir resiko, maka butuh analisis yang tepat.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui pengertian dari ROI, fungsi, kekurangan, cara menghitung, serta faktor yang memengaruhi nilai ROI.

Apa itu ROI (Return On Invesment)

membahas ROI adalah hal yang penting
ilustrasi membahas ROI (unsplash,com/krakenimages)

ROI adalah laba atau profit atas suatu investasi. Nilai yang dicari dalam penghitungan analisis ROI adalah persentase keuntungan dari investasi yang ditanamkan berdasarkan laba dan biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan. 

Dengan penghitungan ini, maka tingkat profitabilitas dari suatu investasi pun dapat diketahui dengan jelas, terbuka, dan transparan. Investor bisa mengambil keputusan atas dasar penghitungan ROI karena tentu saja setiap penanam modal menginginkan profit atau laba dari dana yang diinvestasikan. 

ROI memiliki fungsi untuk mengukur efisiensi dari tindakan investasi yang dilakukan oleh investor. Dengan langkah yang lebih terukur, maka resiko rugi atau loss pun dapat diminimalisir dan potensi keuntungan bisa ditingkatkan melalui perhitungan tersebut. 

Nilai ROI juga cukup penting bagi investor untuk membantu dalam mempertimbangkan kembali rencana investasi suatu aset. Jika hasilnya memang positif, artinya adalah pertanda baik karena investasi yang direncanakan setidaknya bisa mengembalikan dana yang telah dikeluarkan bahkan menghasilkan profit. 

Semakin tinggi nilai ROI, maka hasilnya semakin baik dan investasi tersebut memiliki potensi bagus di masa depan. Sebaliknya, jika perhitungan nilai ROI rendah maka tidak disarankan untuk meneruskan investasi di Bisnis atau perusahaan tersebut karena dapat menimbulkan kerugian. 

Menghitung ROI sangat berguna baik bagi perusahaan maupun investor. Bagi perusahaan, ROI dapat digunakan sebagai bahan evaluasi, sedangkan bagi investor, nilai ROI menjadi indikator penting sebelum mengambil keputusan dan mengeluarkan dana untuk investasi di suatu perusahaan. 

Fungsi ROI dalam bisnis

menghitung ROI adalah hal penting
ilustrasi menghitung ROI (unsplash.com/Scott Graham)

Related Topics