Comscore Tracker
BUSINESS

7 Cara Jualan di TikTok Shop, Salah Satu Rahasia Dagangan Laris

Pasarkan produk Anda lebih luas dengan TikTok Shop.

7 Cara Jualan di TikTok Shop, Salah Satu Rahasia Dagangan Larisilustrasi aplikasi TikTok (pexels.com/Cottonbro)

by Surti Risanti

Berikut ini terdapat beberapa cara jualan di TikTok Shop yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk usaha Anda. 

Saat ini TikTok memang menjadi media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, di mana para pengguna bisa membuat video pendek sendiri dan membagikannya kepada pengguna lainnya.

Selain itu, TikTok memiliki salah satu fitur favorit yang disebut dengan TikTok Shop. Melalui fitur ini, para pengguna bisa berjualan dan menghasilkan keuntungan melalui aplikasi TikTok.

Sebagai pelaku usaha, khususnya perintis usaha online, ini merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan lebih luas lagi produk usaha Anda.

Akan tetapi, bagaimana cara jualan di TikTok Shop? Untuk lebih jelasnya, berikut kami bagikan cara jualan di TikTok Shop dengan mudah.

Apa itu TikTok Shop?

aplikasi TikTok

TikTok Shop adalah fitur pada aplikasi TikTok yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mempromosikan sekaligus menjual produknya. 

Anda bisa memajang produk di etalase yang disediakan oleh TikTok Shop, serta membuat video mengenai produk yang sedang Anda jual.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaat fitur live pada TikTok yang membantu Anda untuk menarik perhatian. Melalui fitur ini, Anda bisa berinteraksi dengan calon pembeli mengenai produk yang sedang dipromosikan.

Cara mengaktifkan akun TikTok Shop

Aplikasi TikTok

Apabila Anda tertarik untuk berjualan di aplikasi ini, hal yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan TikTok Shop terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan akun TikTok Shop Anda, antara lain:

1. Membuat akun

Langkah pertama adalah Anda harus mendaftar sebagai seller dengan membuat akun di TikTok Shop Seller Center. Anda bisa menggunakan akun TikTok yang lama atau membuat akun baru disini.

2. Melengkapi informasi toko

Setelah Anda berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah melengkapi informasi toko TikTok Anda. Adapun hal-hal yang harus diisi, seperti alamat, email, dan nomor telepon. 

3. Verifikasi dokumen

Pada tahapan ini kamu diharuskan untuk mengunggah beberapa dokumen, seperti foto KTP. Kemudian, lakukan verifikasi dokumen.

4. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Setelah melakukan verifikasi, Anda bisa menambahkan produk dengan mengklik Add First Produk, kemudian pilih Add Product. 

Jangan lupa untuk melengkapi deskripsi produk, seperti nama produk, kategori dan lainnya. Pilihlah foto produk yang ingin kamu unggah, maksimal 9 foto. 

Adapun ukuran foto yang digunakan adalah 1:1.

5. Hubungkan ke rekening

Langkah terakhir adalah menghubungkan akun TikTok Shop Anda ke rekening bank. Anda bisa memilih menu Link Bank Account dan ikuti proses selanjutnya.

7 Cara Jualan di TikTok Shop yang menarik perhatian pembeli

aplikasi TikTok

Berikut ini beberapa cara jualan di TikTok Shop untuk menari perhatian pembeli, antara lain sebagai berikut:

Membuat konten semenarik mungkin

Cara untuk menarik perhatian calon pembeli adalah dengan membuat konten yang menarik. Anda bisa membuat video mengikuti perkembangan tren atau mencari ide dari konten video dari pengguna TikTok lainnya.

Adapun beberapa video yang bisa Anda coba seperti tutorial, review, hingga launching produk.

Konsisten dalam membuat postingan

Jangan lupa untuk selalu membuat konten video yang konsisten. Hal ini membuat produk Anda bisa tampil pada halaman FYP (For You Page).

Memahami cara kerja TikTok

Hal yang perlu Anda ingat bahwa TikTok merupakan platform sharing video. Anda harus memahami cara kerja TikTok agar video produk Anda muncul pada beranda mereka, yakni mulai dari durasi, isi konten, pemilihan latar musik, deskripsi, dan lain sebagainya.

Sertakan hashtag

Hashtag sangat membantu agar video Anda muncul dalam rekomendasi pengguna. Selain itu, beberapa orang mencari produk dengan menggunakan panduan hashtag. 

Menautkan produk pada video

Kelebihan TikTok dibanding aplikasi e-commerce lainnya adalah Anda bisa menautkan produk jualan pada Video. Hal ini tentu sangat membantu Anda untuk mempromosikan produk pada video.

Menggunakan TikTok Ads

Apabila Anda memiliki dana untuk beriklan, tidak ada salahnya menggunakan fitur TikTok Ads untuk mempromosikan produk lebih luas lagi.

Bekerjasama dengan influencer TikTok

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan influencer TikTok lainnya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memperluas pasar.

Itulah cara jualan di TikTok Shop yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Selamat mencoba!

Related Articles