Comscore Tracker
BUSINESS

7 Cara Menentukan Target Pasar, Lakukan ini Sebelum Memulai Bisnis!

Membantu peningkatan penjualan.

7 Cara Menentukan Target Pasar, Lakukan ini Sebelum Memulai Bisnis!Ilustrasi menyusun target pasar (pexels.com/Fauxels)

by Surti Risanti

Sebelum Anda memulai bisnis, ketahui cara menentukan target pasar terlebih dahulu. Hal ini sangat perlu dilakukan agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan mudah dan berkelanjutan.

Mencari target pasar menjadi salah satu cara bagi Anda untuk meningkatkan penjualan lebih mudah. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai berbagai cara menentukan target pasar yang harus dilakukan demi kelancaran usaha Anda.

Apa itu target pasar?

ilustrasi grafik  pemasaran

Target pasar adalah kelompok yang menjadi sasaran konsumen yang membeli produk atau jasa bisnis Anda. 

Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melakukan pemasaran. Hal ini akan berdampak pada penjualan yang akan terus meningkat.

Untuk itu, sebaiknya tentukan target pasar terlebih dahulu sebelum mulai melakukan bisnis.

Kelebihan menentukan target pasar sebelum memulai bisnis

perencanaan bisnis

Ada beberapa kelebihan jika Anda mengetahui cara menentukan target pasar sebelum memulai bisnis, yaitu:

  • Mengetahui minat dan kebutuhan konsumen mengenai produk Anda dengan mudah
  • Meminimalisir biaya pemasaran yang tidak diperlukan
  • Pemasaran menjadi lebih spesifik dan optimal
  • Meningkatnya hasil penjualan.

Cara menentukan target pasar

mengkonsepkan bisnis dengan baik

Ada tujuh cara menentukan target pasar dengan mudah dan tepat sasaran yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis. Berikut adalah penjelasannya:

Mengetahui konsumen yang dituju

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan dengan spesifik mengenai konsumen yang hendak dituju. Anda bisa mulai mengelompokkan berdasarkan usia, demografi, geogratif, minat, hobi, dan lain sebagainya.

Melalui hal tersebut, Anda bisa mengetahui konsumen yang sekiranya tertarik dan akan membeli produk Anda. 

Memahami kebutuhan konsumen

Cara menentukan target pasar adalah memahami kebutuhan konsumen. Sebagai pemilik usaha, Anda harus mengetahui produk seperti apa yang sedang mereka cari.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, barulah Anda mulai membuat produk sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan. Hal ini sangat membantu agar produk yang Anda jual sejalan benar-benar diminati dan berdampak pada peningkatan penjualan.

Menentukan strategi pemasaran

Hal yang selanjutnya adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat. Ada berbagai cara pemasaran yang bisa Anda lakukan, yakni mulai dari beriklan di media sosial, endorsement, dan lain sebagainya.

Pastikan media beriklan yang Anda gunakan sesuai dengan target pemasaran. Misalnya, produk yang Anda jual dikhususkan bagi anak muda, maka media pemasaran yang paling sesuai adalah melalui media sosial.

Menganalisis harga di pasaran

Untuk menentukan target pasar, Anda perlu melakukan analisis lebih mendalam. Anda harus memahami apakah harga yang telah Anda tentukan benar-benar sesuai dengan pasaran, lebih rendah, atau malah lebih tinggi.

Analisis juga para pesaing Anda

Anda bisa melihat pesaing yang sekiranya menjual produk yang relevan dengan Anda. Periksa pula siapa menjadi target pelanggan mereka.

Informasi tersebut akan memudahkan Anda untuk memahami target pasar yang ingin dibuat.

Membuat analisis persaingan

Cara menentukan target pasar selanjutnya adalah membuat analisis persaingan. Periksa bagaimana produk Anda bisa bersaing dengan produk kompetitor. 

Anda juga bisa menganalisa biaya yang digunakan oleh pesaing untuk memasang iklan dan lain sebagainya.

Evaluasi

Apabila Anda berhasil menciptakan target pasar, jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Hal ini bertujuan apakah strategi yang dilakukan benar-benar efektif atau tidak. Jangan lupa untuk menyesuaikan strategi yang direncakan dengan segmen pasar.

Selain itu, evaluasi diperlukan untuk mengetahui kekurangan dari produk Anda melalui penilaian dari pelanggan. Hal ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas usaha Anda.

Itulah tadi tujuh cara menentukan target pasar yang bisa Anda lakukan sebelum mulai melakukan bisnis. Semoga artikel ini bisa membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Related Articles