Comscore Tracker

Profil Chairul Tanjung | Fortune Indonesia Businessperson Of The Year

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Founder dan Chairman CT Corp

Quick Fact
Chairul Tanjung
Education:
Quotes: "Prinsipnya bisnis itu tidak pernah berhenti. Kalau kita berbisnis itu tidak boleh kita sukses terus kita diam saja."

Jakarta, FORTUNE-Bakat bisnis Chairul Tanjung terasah sejak muda. Saat menempuh pendidikan kedokteran gigi di Universitas Indonesia pada 1981, ia membuka kios fotocopy di tangga kampus. Ia juga pernah menjadi pemasok alat-alat kedokteran gigi. Apapun dilakukannya untuk menambal kekurangan biaya pendidikan dan uang saku. Lulus kuliah, Chairul yang terlanjur suka berdagang tak pernah membuka praktik. Pada 1987, ia mendirikan beberapa perusahaan, Tara Roofindo Graha yang mencetak genteng metal; Pariarti Shindutama yang membuat sandal; hingga Parasantik Sekardana yang memproduksi kertas sembahyang Tionghoa. Perusahaan-perusahaan ini cikal bakal nama Para Group.

Mulanya bisnis si ‘anak singkong’ ini memang palugada: apa lu mau, gue ada. Apapun permintaan pasar, akan disambutnya sebagai peluang. Seiring perkembangan usaha, payung perusahaan Para Group pun diubah jadi CT Corp (Chairul Tanjung Corpora) atau CT Corpora pada  1 Desember 2011. Dengan bendera baru, CT Corp menaungi tiga perusahaan subholding, yaitu Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources.

Mega Corp menjadi perusahaan induk untuk jasa keuangan/perbankan, asuransi, pembiayaan, dan pasar modal. Trans Corp menjadi induk di bisnis media yang mencakup stasiun televisi—Trans TV dan Trans 7—dan portal berita—Detik, CNN Indonesia, CNBC Indonesia. Selain itu, ada juga perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, hotel, dan biro perjalanan, serta gerai ritel. Sementara itu, CT Global Resources merupakan perusahaan perkebunan.

Pada 2021, CT masuk ke perbankan digital melalui PT Allo Bank Indonesia Tbk. Bank yang dulunya Bernama PT Bank Harda Internasional Tbk ini memperluas ekosistem bisnis para mitra strategis seperti jaringan Indomaret, IndoGrosir, Bukalapak, Grab, Traveloka. Berlanjut kemudian PT Trans Retail Indonesia (bagian dari CT Corp), Bukalapak, dan Growtheum Capital Partners (investor AlloBank) membuat perusahaan patungan bernama AlloFresh yang diluncurkan pada Maret 2022.

Cerita selengkapnya bisa Anda baca di Majalah Fortune Indonesia edisi Oktober 2022 dan simak kisah menarik dari Businessperson of the Year 2022 lainnya. https://www.tokopedia.com/majalahfortuneidn