FINANCE

5 Tips Menggunakan Fitur Paylater Dengan Bijak

Ingat, apa yang Anda inginkan, belum tentu Anda butuhkan.

5 Tips Menggunakan Fitur Paylater Dengan BijakIlustrasi Paylater. (123rf)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

12 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Fitur layanan Paylater atau layanan pakai sekarang bayar nanti semakin marak seiring tingginya konsumsi masyarakat. Metode ini pun tak hanya tersedia di platform e-commerce, namun aplikasi milik sejumlah bank pun sudah mulai menyediakan inovasi yang katanya menghadirkan ‘kemudahan’ ini.

Meskipun menghadirkan kemudahan bagi nasabah atau konsumen, namun penggunaannya harus dicermati betul  agar Anda tidak terjebak pada sifat konsumtif di kemudian hari.

Laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, menuliskan bahwa Paylater adalah sistem pembayaran yang ditunda, dengan kata lain Anda bisa membeli barang tanpa harus membayar langsung tapi sebagai gantinya tiap kita membayar tiap bulan beserta bunganya.

Dengan kata lain, sebagai utang, Paylater juga memiliki sejumlah risiko bagi finansial Anda, sehingga butuh kebijakan dalam menggunakan fitur ini. Menukil dari Cermati.com, berikut ini adalah beberapa Tips yang bisa Anda lakukan untuk lebih bijak menggunakan Paylater.

1. Pilih layanan yang legal

Legal di sini berarti terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kredibilitasnya pun terjamin.

Hal ini patut dicatat, mengingat saat ini banyak lembaga keuangan yang menyuguhkan fitur Paylater, namun tidak jelas dasar hukumnya. Oleh sebab itu, harap berhati-hati dengan tidak mudah terpikat oleh berbagai tawaran menarik agar dapat menghindarkan Anda dari berbagai risiko di kemudian hari.

2. Perhatikan skema bunga dan tenor cicilannya

Seperti halnya pinjaman online, Paylater juga memiliki beban bunga yang harus Anda bayar ketika melunasi utang.

Lakukan perhitungkan matang mengenai jumlah utang dengan kesanggupan membayar tagihan dengan beban biaya tambahan serta kemampuan Anda melunasinya secara tepat waktu.

Jika Anda merasa kesulitan dan tidak sanggup, lebih baik jangan pernah memutuskan untuk menggunakan fitur Paylater.