Comscore Tracker
FINANCE

Lima Sektor Penyumbang Pajak Terbesar di Indonesia

Pajak jadi pendapatan utama negara untuk biayai pembangunan.

Lima Sektor Penyumbang Pajak Terbesar di IndonesiaShutterstock/Panchenko Vladimir

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Pajak adalah salah satu sumber pendapatan Indonesia yang sangat penting, terutama dalam membiayai pembangunan. Usai dibayarkan, pajak akan kembali dan dinikmati hasilnya oleh masyarakat. Namun, kira-kira sektor apakah yang jadi penyumbang pajak terbesar di Indonesia?

Sektor pemberi sumbangan pajak terbesar bagi Indonesia kerap merubah. Namun, ada beberapa sektor yang memang jadi langganan jadi penyumbang pajak terbesar.

Berdasarkan laporan APBN KITA edisi Agustus 2022, penerimaan pajak Indonesia sudah mencapai Rp1.028,46 triliun, atau 69,26 persen dari target yang ditetapkan untuk tahun 2022 pada angka Rp1.484,96 triliun. Secara tahunan pun, angka ini meningkat hingga 58,79 persen dari penerimaan pajak di periode yang sama tahun 2021.

Masih menurut laporan APBN KITA edisi Agustus 2022, berikut ini adalah lima sektor yang berkontribusi sebagai penyumbang pajak terbesar di Indonesia.

Industri pengolahan

Ilustrasi pekerja di di industri manufaktur/Shutterstock/Gorodenkoff

Sama seperti sebelumnya, industri pengolahan atau manufaktur masih berada di posisi pertama sektor yang menyumbang pajak terbesar bagi Indonesia. Dalam laporan edisi Agustus 2022, industri manufaktur tercatat berkontribusi hingga 29,8 persen dari pajak yang diterima.

Pada periode Januari-Juli 2022, sektor ini bertumbuh secara tahunan sebesar 52,2 persen. Berdasarkan laporan yang disajikan, sektor ini juga termasuk sebagai sektor yang diuntungkan oleh momentum pemulihan ekonomi dan kenaikan harga komoditas, saat angka pandemi Covid-19 mulai melandai.

Perdagangan

Warga melintas berlatar belakang proses bongkar muat peti kemas di New Priok Container Terminal One, Jakarta Utara, Minggu (19/9/2021).

Sektor berikutnya yang berkontribusi besar dalam penerimaan pajakn negara adalah perdagangan, dengan capaian kontribusi hingga 23,4 persen. Secara tahunan, kinerja kumulatif sektor ini di tahun 2022 mencapai 66,3 persen dari tahun sebelumnya.

Laporan APBN KITA edis Agustus juga menyebutkan sektor perdagangan sebagai sektor yang untung saat momentum pemulihan ekonomi dan kenaikan harga komoditas terjadi, sejak masa pandemi Covid-19 melanda dunia. Perdagangan adalah sektor yang menyalurkan barang sampai ke tangan konsumen.

Jasa Keuangan & Asuransi

Ilustrasi menabung. Shutterstock/Worawee Meepian

Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi berada pada urutan ketiga sektor yang berkontribusi besar sebagai penyumbang pajak terbesar di Indonesia. Dari total pajak yang diterima, sektor ini menyumbang sekitar 11,2 persennya. Meski demikian, pertumbuhan tahunan penerimaan pajak dari sektor ini untuk bulan Januari-Juli tak terlalu besar, yakni hanya sekitar 15,1 persen dari tahun sebelumnya.

Pertambangan

Salah satu fasilitas tambang Amman Mineral.

Pertambangan adalah sektor yang mengalami pertumbuhan kinerja kumulatif yang paling signifikan, dibandingkan sektor lainnya. Meski demikian, kontribusi sektor ini terhadap penerimaan pajak baru mencapai sekitar 9,4 persen dan menempatkan sektor ini pada urutan keempat.

Adapun pertumbuhan kinerja kumulatif sektor ini dari bulan Januari-Juli 2022 menghasilkan angka yang sangat besar, hingga 262,1 persen dari tahun sebelumnya. Seperti halnya manufaktur dan perdagangan, pertumbuhan besar pajak di sektor ini didukung oleh momentum kenaikan harga komoditas pertambangan secara global.

Konstruksi dan Real Estat

Ilustrasi kepemilikan rumah.

Sektor kelima yang jadi penyumbang terbesar pajak Indonesia adalah konstruksi dan real estat. Berdasarkan data yang didapat, sektor ini menyumbang hingga 4,1 persen dari keseluruhan penerimaan pajak negara sampai bulan Juli 2022.

Meski berada di posisi kelima, namun secara kumulatif, pertumbuhan penerimaan pajak di sektor ini dari Januari-Juli 2022 hanya tumbuh sekitar 12,2 persen dari tahun sebelumnya.

Inilah lima sektor yang berkontribusi sebagai penyumbang pajak terbesar di Indonesia. Dengan demikian, kita bisa mengetahui sektor apa yang jadi fokus dalam memberikan pendapatan bagi Indonesia.

Related Articles