FINANCE

FIFGroup Salurkan Pembiayaan Rp3,5 Miliar Bagi 800 UMKM

Kontribusi bisnis UMKM RI capai Rp9,58 triliun.

FIFGroup Salurkan Pembiayaan Rp3,5 Miliar Bagi 800 UMKMUMKM kerajinan gelas kayu. (dok. Kemenkeu)
07 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - FIFGROUP menyalurkan bantuan modal kepada 800 UMKM dengan nilai mencapai Rp3,5 miliar pada tahun 2024.  Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM. Sejumlah UMKM tersebut merupakan UMKM binaan FIFGroup yang tersebar di 248 cabang di seluruh Indonesia. 

Tidak hanya bantuan dana tanpa bunga yang akan diterima oleh pelaku UMKM, melainkan dalam setahun ke depan terdapat  pelatihan serta pendampingan dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait usaha yang dijalankan.

“FIFGroup, sejak 2016 hingga hari ini, berupaya untuk terus membantu para pelaku usaha UMKM melalui program dana bergulir dan berbagai pelatihan serta pembinaan untuk mendorong seluruh UMKM Binaan dapat berkembang dan naik kelas,” kata Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Jumat (7/6).

Kesehatan UMKM binaan FIFGroup terjaga

Logo FIF Group/Dok FIF Group

Ia menambahkan, program ini telah berjalan sejak 2016 hingga 2023 dan berlanjut di tahun 2024. Dengan demikian, total penerima bantuan dana bergulir sejak tahun 2016 hingga 2023 sebanyak 2.137 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp6,9 miliar. 

Dalam kegiatan dana bergulir ini, FIFGroup tetap memantau tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate, yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan. 

Target current rate telah ditetapkan sebesar 93,5 persen, dan pencapaian UMKM FIFGroup berada di angka 99,1 persen, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang relatif tinggi. Dan dengan adanya tingkat pengembalian yang tinggi, maka artinya program Dana Bergulir ini bisa terus dilanjutkan ke tahun berikutnya.

Kontribusi bisnis UMKM RI capai Rp9,58 triliun

Ilustri UMKM/ Shuterstock Andri Wahyudi

Related Topics