FINANCE

Tenor KPR Bakal Bisa 35 Tahun, BTN Usul Bunga Berjenjang

KPR 35 tahun bakal dongkrak demand KPR.

Tenor KPR Bakal Bisa 35 Tahun, BTN Usul Bunga BerjenjangIlustrasi KPR Perumahan/ Shuterstock Gungpri

by Suheriadi

08 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menggodok skema Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) dengan tenor jangka waktu hingga 35 tahun. Seperti diketahui, saat ini skema KPR paling lama hanya 30 tahun. 

Menanggapi hal tersebut, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) menyambut positif rencana skema KPR 35 tahun. Hal tersebut dinilai bakal memberikan kemudahan bagi kalangan milenial dan gen Z untuk memiliki hunian dengan cicilan yang ringan. 

“Apalagi bagi Milenial dan Gen-Z, skema ini akan menjadi jawaban untuk punya rumah sendiri sekaligus sebagai investasi masa depan,” tutur Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu di Jakarta, Senin (8/1). 

KPR 35 tahun bakal dongkrak demand KPR

rumah kprilustrasi membeli rumah kpr (pexels.com/Alena Darmel)

Sementara itu, Chief Economist Bank BTN Winang Budoyo juga menyambut positif rancangan skema KPR Flat 35 tahun tersebut. Winang menilai adanya program tersebut akan mendongkrak sisi demand karena nasabah akan memiliki cicilan yang lebih rendah. 

Dari sisi pembiayaan, Winang menuturkan program ini juga perlu didukung dengan skema yang menunjang kemampuan bank untuk menyalurkan pembiayaan. Salah satunya melalui bunga berjenjang. 

“Kami melihat opsi suku bunga berjenjang akan menguntungkan bagi pihak nasabah dan bank. Karena secara historis, kemampuan nasabah cenderung akan naik seiring berjalannya waktu,” ujar Winang. 

Skema KPR 35 tahun masih dibahas di DJPI

Rusun ASN Balai Besar Wilayah Sungai Serayu, Opak, Sleman, DIY (Dok. Kementerian PUPR)